Teknik Informatika

Sabtu, 10 Oktober 2015

Mempelajari Tentang GUI (JAVA)


#INTRODUKSI
GUI (Graphical User Interface) membuat suatu sistem menjadi ramah penggunaannya dan mudah untuk digunakan. Menciptakan sebuah GUI dalam JAVA tentunya kita membutuh kan aplikasi penunjang seperti “ORACLE dan NETBIN”. Komponen-komponen didalam GUI juga fleksibel dan handal, Kita dapat menyesuaikan tampilan interface dengan mudah. GUI ini pada dasarnya sama dengan penggunaanya di “DELPHI dan VISUAL BASIC” atau beberapa bahasa pemrograman lainnya. Dalam JAVA kita juga harus menentukan IDE yang kita gunakan untuk memulai menusun komponen-komponennya. Biasanya IDE yang digunakan adalah “GUI SWING”.


#PENGENALAN TOMBOL
Tombol Swing menyediakan beberapa tombol seperti “tombol reguler, tombol toggle, tombol kotak perksa, dan tombol radio. Beberapa tombol ini didefinisikan di dalam “javax.swing.AbstractButton”. 

#IKON, IKON PRESSED, DAN IKON ROLLOVER
Ikon-ikon diatas ditujukan untuk membuat interface menjadi lebih menarik. IKON sama saja dengan ikon default atau ikon tersebut akan tetap tampil tanpa menggunakan effect apapun, sedangkan dengan IKON PRESSED ikon akan muncul apabila tombolnya ditekan, dan IKON ROLLOVER akan tampil ketika posisi mouse berada diatas tombol.

#PENJAJARAN TATALETAK
Penjajaran horizontal menspesifikasi bagaimana ikon dan teks ditempatkan secara horizontal pada suatu tombol. Anda dapat menetapkan secara horizontal pada suatu tombol. Anda dapat menggunakan syntax “setHorizontalAlignment(int) dengan salah satu dari lima konstanta lainnya seperti “Leading, Left, Center, Right, Trailing. Contoh syntaxnya seperti berikut “SwingConstants.CENTER” Center didalamnya dapat di rubah-rubah. Untuk penjajaran vertikal kita harus menambahkan syntax “setVerticalAlignment(int) dengan dikombinasikan terhada 5 konstanta yang mendukungnya seperti “Top, Center, Bottom.

#POSISI TEXT PADA GUI
Penjajaran horizontal menspesifikasi bagaimana ikon dan teks ditempatkan secara horizontal pada suatu tombol. Anda dapat menetapkan secara horizontal pada suatu tombol. Anda dapat menggunakan syntax “setHorizontalTextPosition(int) dengan salah satu dari lima konstanta lainnya seperti “Leading, Left, Center, Right, Trailing. Contoh syntaxnya seperti berikut “SwingConstants.CENTER” Center didalamnya dapat di rubah-rubah. Untuk penjajaran vertikal kita harus menambahkan syntax “setVerticalTextPosition(int) dengan dikombinasikan terhada 5 konstanta yang mendukungnya seperti “Top, Center, Bottom. Jbutton dapat memicu banyaknya tipe event, tetapi seringkali kita perlu menambahkan listener untuk merespon event aksi. Jadi ketika tombol di tekan, tombol tersebut akan memicu suatu “ActionEvent”.

#CARA MEMBUAT JPANEL (TOMBOL)

  1. Menciptakan antar muka pengguna
Mencipatakan suatu objek “PanelPesan” untuk menampilkan pesan. Kelas panel harus menggunakan kode tertentu seperti PanelPesan.java.

     2.   Memproses event

Menciptakan dan meregistrasi listener untuk memproses event aksi dalam menggerakkan pesan kekiri atau kekanan.

Cara menggerakan pesan kekiri maupun kekanan :
-          Private Jbutton jbtkiri = new Jbutton(“<=”);
-          Private Jbutton jbtkiri = new Jbutton(“=>”);
Memasukkan tombolnya kedalam program :
-          Jpanel jpTombol = new Jpanel();
-          jpTombol.add(jbtKiri);
-          jpTombol.add(jbtKanan);

#AREATEXT
Bila ingin membuat suatu kolom penulisan, kita harus menambahkan beberapa JTextField maupun JtextArea, kedua komponen ini mewarisi JtextComponent yang membuat metode-metode seperti getText, setText, isEditable, dan setEdittable. Area text yang menggunakan JscrollPane nantinya pada saat penggeseran (Scrolling) atas kebawa maupunun kanan ke kiri, dengan munculnya sebuah ScrollBar didalam TextAreanya.
KESIMPULAN

  1. Anda telah membaca keselurahan ulasan saya mengenai pembuatan beberapa antarmuka pengguna grafikal atau GUI. Komponen swing intinya dapat membuat “Jbutton, JcheckBox, JradioButton, Jlabel, JtextField, JtextArea, JcomboBox, Jlist, dan Jslider.
  2. Anda tentunya sekarang sudah dapat menampilkan text dengan menggunakan “Jbutton, JcheckBox, JradioButton dan Jlabel”.

REFERENSI
(INTERNET)

(BUKU)
Sianipar, R.H.2013. JAVA Algoritma, Struktur Data, dan Pemrograman GUI. Bandung: Penerbit Informatika Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar