#INTRODUKSI
GUI (Graphical User Interface) membuat suatu sistem menjadi ramah penggunaannya dan mudah untuk digunakan. Menciptakan sebuah GUI dalam JAVA tentunya kita membutuh kan aplikasi penunjang seperti “ORACLE dan NETBIN”. Komponen-komponen didalam GUI juga fleksibel dan handal, Kita dapat menyesuaikan tampilan interface dengan mudah. GUI ini pada dasarnya sama dengan penggunaanya di “DELPHI dan VISUAL BASIC” atau beberapa bahasa pemrograman lainnya. Dalam JAVA kita juga harus menentukan IDE yang kita gunakan untuk memulai menusun komponen-komponennya. Biasanya IDE yang digunakan adalah “GUI SWING”.
GUI (Graphical User Interface) membuat suatu sistem menjadi ramah penggunaannya dan mudah untuk digunakan. Menciptakan sebuah GUI dalam JAVA tentunya kita membutuh kan aplikasi penunjang seperti “ORACLE dan NETBIN”. Komponen-komponen didalam GUI juga fleksibel dan handal, Kita dapat menyesuaikan tampilan interface dengan mudah. GUI ini pada dasarnya sama dengan penggunaanya di “DELPHI dan VISUAL BASIC” atau beberapa bahasa pemrograman lainnya. Dalam JAVA kita juga harus menentukan IDE yang kita gunakan untuk memulai menusun komponen-komponennya. Biasanya IDE yang digunakan adalah “GUI SWING”.
#PENGENALAN TOMBOL
Tombol
Swing menyediakan beberapa tombol seperti “tombol reguler, tombol toggle,
tombol kotak perksa, dan tombol radio. Beberapa tombol ini didefinisikan di
dalam “javax.swing.AbstractButton”.
#IKON, IKON PRESSED, DAN IKON ROLLOVER
#IKON, IKON PRESSED, DAN IKON ROLLOVER
Ikon-ikon
diatas ditujukan untuk membuat interface menjadi lebih menarik. IKON sama saja
dengan ikon default atau ikon tersebut akan tetap tampil tanpa menggunakan
effect apapun, sedangkan dengan IKON PRESSED ikon akan muncul apabila tombolnya
ditekan, dan IKON ROLLOVER akan tampil ketika posisi mouse berada diatas
tombol.
#PENJAJARAN TATALETAK
Penjajaran
horizontal menspesifikasi bagaimana ikon dan teks ditempatkan secara horizontal
pada suatu tombol. Anda dapat menetapkan secara horizontal pada suatu tombol.
Anda dapat menggunakan syntax “setHorizontalAlignment(int) dengan salah satu
dari lima konstanta lainnya seperti “Leading, Left, Center, Right, Trailing.
Contoh syntaxnya seperti berikut “SwingConstants.CENTER” Center didalamnya
dapat di rubah-rubah. Untuk penjajaran vertikal kita harus menambahkan syntax “setVerticalAlignment(int)
dengan dikombinasikan terhada 5 konstanta yang mendukungnya seperti “Top,
Center, Bottom.
#POSISI TEXT PADA GUI
Penjajaran
horizontal menspesifikasi bagaimana ikon dan teks ditempatkan secara horizontal
pada suatu tombol. Anda dapat menetapkan secara horizontal pada suatu tombol.
Anda dapat menggunakan syntax “setHorizontalTextPosition(int) dengan salah satu
dari lima konstanta lainnya seperti “Leading, Left, Center, Right, Trailing.
Contoh syntaxnya seperti berikut “SwingConstants.CENTER” Center didalamnya
dapat di rubah-rubah. Untuk penjajaran vertikal kita harus menambahkan syntax “setVerticalTextPosition(int)
dengan dikombinasikan terhada 5 konstanta yang mendukungnya seperti “Top,
Center, Bottom. Jbutton dapat memicu banyaknya tipe event, tetapi seringkali
kita perlu menambahkan listener untuk merespon event aksi. Jadi ketika tombol
di tekan, tombol tersebut akan memicu suatu “ActionEvent”.
#CARA MEMBUAT JPANEL (TOMBOL)
- Menciptakan antar muka pengguna
Mencipatakan
suatu objek “PanelPesan” untuk menampilkan pesan. Kelas panel harus menggunakan
kode tertentu seperti PanelPesan.java.
2. Memproses event
2. Memproses event
Menciptakan
dan meregistrasi listener untuk memproses event aksi dalam menggerakkan pesan
kekiri atau kekanan.
Cara
menggerakan pesan kekiri maupun kekanan :
-
Private Jbutton jbtkiri = new Jbutton(“<=”);
-
Private Jbutton jbtkiri = new Jbutton(“=>”);
Memasukkan
tombolnya kedalam program :
-
Jpanel jpTombol = new Jpanel();
-
jpTombol.add(jbtKiri);
-
jpTombol.add(jbtKanan);
#AREATEXT
Bila ingin membuat suatu kolom penulisan, kita harus menambahkan beberapa JTextField maupun JtextArea, kedua komponen ini mewarisi JtextComponent yang membuat metode-metode seperti getText, setText, isEditable, dan setEdittable. Area text yang menggunakan JscrollPane nantinya pada saat penggeseran (Scrolling) atas kebawa maupunun kanan ke kiri, dengan munculnya sebuah ScrollBar didalam TextAreanya.
Bila ingin membuat suatu kolom penulisan, kita harus menambahkan beberapa JTextField maupun JtextArea, kedua komponen ini mewarisi JtextComponent yang membuat metode-metode seperti getText, setText, isEditable, dan setEdittable. Area text yang menggunakan JscrollPane nantinya pada saat penggeseran (Scrolling) atas kebawa maupunun kanan ke kiri, dengan munculnya sebuah ScrollBar didalam TextAreanya.
KESIMPULAN
- Anda telah membaca keselurahan ulasan saya mengenai pembuatan beberapa antarmuka pengguna grafikal atau GUI. Komponen swing intinya dapat membuat “Jbutton, JcheckBox, JradioButton, Jlabel, JtextField, JtextArea, JcomboBox, Jlist, dan Jslider.
- Anda tentunya sekarang sudah dapat menampilkan text dengan menggunakan “Jbutton, JcheckBox, JradioButton dan Jlabel”.
REFERENSI
(INTERNET)
Cari Kode. Dari : http://www.carikode.com/tutorial-dasar-java-belajar-pemograman-java-berbasis-gui/. 11 Oktober
2015
Patro Thespypath, Dari : http://javaonthehand.blogspot.co.id/2013/01/java-gui-graphic-user-interface.html. 11 Oktober 2015
Patro Thespypath, Dari : http://javaonthehand.blogspot.co.id/2013/01/java-gui-graphic-user-interface.html. 11 Oktober 2015
(BUKU)
Sianipar,
R.H.2013. JAVA Algoritma, Struktur Data, dan Pemrograman GUI. Bandung:
Penerbit Informatika Bandung.