Teknik Informatika

Sabtu, 10 Oktober 2015

Mempelajari Tentang GUI (JAVA)


#INTRODUKSI
GUI (Graphical User Interface) membuat suatu sistem menjadi ramah penggunaannya dan mudah untuk digunakan. Menciptakan sebuah GUI dalam JAVA tentunya kita membutuh kan aplikasi penunjang seperti “ORACLE dan NETBIN”. Komponen-komponen didalam GUI juga fleksibel dan handal, Kita dapat menyesuaikan tampilan interface dengan mudah. GUI ini pada dasarnya sama dengan penggunaanya di “DELPHI dan VISUAL BASIC” atau beberapa bahasa pemrograman lainnya. Dalam JAVA kita juga harus menentukan IDE yang kita gunakan untuk memulai menusun komponen-komponennya. Biasanya IDE yang digunakan adalah “GUI SWING”.


#PENGENALAN TOMBOL
Tombol Swing menyediakan beberapa tombol seperti “tombol reguler, tombol toggle, tombol kotak perksa, dan tombol radio. Beberapa tombol ini didefinisikan di dalam “javax.swing.AbstractButton”. 

#IKON, IKON PRESSED, DAN IKON ROLLOVER
Ikon-ikon diatas ditujukan untuk membuat interface menjadi lebih menarik. IKON sama saja dengan ikon default atau ikon tersebut akan tetap tampil tanpa menggunakan effect apapun, sedangkan dengan IKON PRESSED ikon akan muncul apabila tombolnya ditekan, dan IKON ROLLOVER akan tampil ketika posisi mouse berada diatas tombol.

#PENJAJARAN TATALETAK
Penjajaran horizontal menspesifikasi bagaimana ikon dan teks ditempatkan secara horizontal pada suatu tombol. Anda dapat menetapkan secara horizontal pada suatu tombol. Anda dapat menggunakan syntax “setHorizontalAlignment(int) dengan salah satu dari lima konstanta lainnya seperti “Leading, Left, Center, Right, Trailing. Contoh syntaxnya seperti berikut “SwingConstants.CENTER” Center didalamnya dapat di rubah-rubah. Untuk penjajaran vertikal kita harus menambahkan syntax “setVerticalAlignment(int) dengan dikombinasikan terhada 5 konstanta yang mendukungnya seperti “Top, Center, Bottom.

#POSISI TEXT PADA GUI
Penjajaran horizontal menspesifikasi bagaimana ikon dan teks ditempatkan secara horizontal pada suatu tombol. Anda dapat menetapkan secara horizontal pada suatu tombol. Anda dapat menggunakan syntax “setHorizontalTextPosition(int) dengan salah satu dari lima konstanta lainnya seperti “Leading, Left, Center, Right, Trailing. Contoh syntaxnya seperti berikut “SwingConstants.CENTER” Center didalamnya dapat di rubah-rubah. Untuk penjajaran vertikal kita harus menambahkan syntax “setVerticalTextPosition(int) dengan dikombinasikan terhada 5 konstanta yang mendukungnya seperti “Top, Center, Bottom. Jbutton dapat memicu banyaknya tipe event, tetapi seringkali kita perlu menambahkan listener untuk merespon event aksi. Jadi ketika tombol di tekan, tombol tersebut akan memicu suatu “ActionEvent”.

#CARA MEMBUAT JPANEL (TOMBOL)

  1. Menciptakan antar muka pengguna
Mencipatakan suatu objek “PanelPesan” untuk menampilkan pesan. Kelas panel harus menggunakan kode tertentu seperti PanelPesan.java.

     2.   Memproses event

Menciptakan dan meregistrasi listener untuk memproses event aksi dalam menggerakkan pesan kekiri atau kekanan.

Cara menggerakan pesan kekiri maupun kekanan :
-          Private Jbutton jbtkiri = new Jbutton(“<=”);
-          Private Jbutton jbtkiri = new Jbutton(“=>”);
Memasukkan tombolnya kedalam program :
-          Jpanel jpTombol = new Jpanel();
-          jpTombol.add(jbtKiri);
-          jpTombol.add(jbtKanan);

#AREATEXT
Bila ingin membuat suatu kolom penulisan, kita harus menambahkan beberapa JTextField maupun JtextArea, kedua komponen ini mewarisi JtextComponent yang membuat metode-metode seperti getText, setText, isEditable, dan setEdittable. Area text yang menggunakan JscrollPane nantinya pada saat penggeseran (Scrolling) atas kebawa maupunun kanan ke kiri, dengan munculnya sebuah ScrollBar didalam TextAreanya.
KESIMPULAN

  1. Anda telah membaca keselurahan ulasan saya mengenai pembuatan beberapa antarmuka pengguna grafikal atau GUI. Komponen swing intinya dapat membuat “Jbutton, JcheckBox, JradioButton, Jlabel, JtextField, JtextArea, JcomboBox, Jlist, dan Jslider.
  2. Anda tentunya sekarang sudah dapat menampilkan text dengan menggunakan “Jbutton, JcheckBox, JradioButton dan Jlabel”.

REFERENSI
(INTERNET)

(BUKU)
Sianipar, R.H.2013. JAVA Algoritma, Struktur Data, dan Pemrograman GUI. Bandung: Penerbit Informatika Bandung.

Jumat, 09 Oktober 2015

Dampak negatif internet dan penanggulangannya

1. PENIPUAN

Kasus ini sudah kerap terjadi bagi para pemakai transaksi jual/beli barang secara online. Banyak orang menggunakan celah ini untuk menipu orang banyak di media sosial maupun toko jual/beli online. Penipuan dalam hal jual/beli hosting web dan domain

MENANGGULANGINYA

Jadilah buyer/pembeli yang cermat dan cerdas. Jangan mudah tergiur dengan harga murah. Pastikan bahwa anda sudah memeriksa harga dan spesifikasi pembelian dengan membandingkanya pada toko-toko yang lain. Serta pastikan toko yang terkait memiliki license yang bagus, terpercaya, memiliki jaminin 100% uang kembali, dan memiliki achivemen toko yang aman. Sebagai contoh : Lazada.co.id/idhostinger.com


2. PERJUDIAN & PERETASAN(HACKING)

Kerap hal ini sering dilakukan oleh orang-orang untuk memutar duitnya secara online. Tapi apakah kalian tahu bahwa hal yang anda gunakan ini adalah "DOSA" dimana uang yang anda judikan akan bernilai "HARAM".

MENANGGULANGINYA

Bagi orang tua, pantaulah anak/buah hati kalian untuk selalu mendidiknya dengan ahklak yang tinggi, batasi pergaulannya. Selalu lakukan hal-hal yang positif agar anak tidak mudah terjerumus kehal-hal yang negatif, karena anak dibawha umur 10 tahun memiliki daya tangkap yang cukup tinggi.

Bagi anak-anak maupun menuju dewasa, Hindarilah yang namanya "JUDI", karena sesungguhnya hal itu adalah haram dan dilarang, banyak sarana mencari uang dengan membuat website dengan konten-konten yang menarik agar pengunjungnya tergerak untuk membeli barang tersebut dan alngkah baiknya kita ikut melaporkan situs-situs tersebut untuk di blokir oleh pemerintah.

3. TIDAK PERDULI DENGAN KEHIDUPAN SOSIALNYA

Banyak orang yang sudah salah dalam menggunakan fasilitas sosial media dalam internet. Anak muda maupun roang tua sekalipun sudah mulai tidak perduli dengan kehidupan sosial secara langsung. Pada saat ini kebanyakan orang lebih memilih menggunakan "SOSMED" untuk ngobrol dengan teman kelasnya, dari pada bertatap muka langsung (Face to face) hal ini sudah salah diartikan oleh kebanyakan orang.

MENANGGULANGINYA

Jangan terlalu percaya dengan yang namanya situs "SOSMED" karena semua data yang kalian punya akan tersimpan kedalam data si pembuat "APLIKASI TERSEBUT". Otomatis data tentang diri kalian akan dengan mudah dipakai untuk penipuan. Kurangilah penggunakan gadget saat ini, karena dampak radiasinya cukup berbahaya. Lebih baik berbicara secara langsung tanpa perantasa gadget apapun.

4. PORNOGRAFI

Hal ini juga sering terjadi dikalangan anak-anak di bawah umur, dan banyaknya orang-orang tak bertanggung jawab mengupload konten-konten yang mengndung kekerasa, pornografi, sexual dan sejenisnya. Hal ini dapat merusak pola pikir kebanyakan anak-anak di bawah umur.

MENANGGULANGINYA

- Bagi kalian yang jago IT, taatilah peraturan-peraturan yang sudah dibuat pemerintah seperti program (INTERNET SEHAT) yang melarang peredaran situs-situs pornografi.
- Bagi orang tua, ajarkan anak kalian tentang akhlak dan akidah. agar terhindar dari hal-hal yang dapat menyesatkan dirinya
- Bantu pemerintah untuk memblokir situs-situs pornografi

5. KECANDUAN INTERNET

Hal ini termasuk yang sering terjadi pada keseluruhan orang yang menggunakan internet, mereka menjadikan internet suatu hal yang wajib dicari, dilakukan, dibaca, dipergunakan kapanpun dimanapun waktunya tanpa memikirkan kesehatan dirinya sendiri.

MENANGGULANGINYA

Batasi penggunaan internet dengan mengset pola pikir kalian, untuk menggunakan internet secukupnya saja, lebih perduli terhadap kesehatan. Tanpa kesehatan anda juga tidak dapat mengakses internet. Banyak melakukan aktifitas yang positif seperti belajar, dan bereksperimen.



REFERENSI

(INTERNET)
Osin Yosinsa. Dari : http://dampakinternetdancaramenanggulanginya.blogspot.co.id/, 09 Oktober 2015

(BUKU)
Zam, Efvy (2011). Trik Mengamankan Website Dari Aksi Hacking. Jakarta : Penerbit PT Elex Media Komputindo.

Kelebihan dan Kekurangan dari internet

KELEBIHAN

1. HIBURAN
Teknologi internet dan new media memberikan banyak kemudahan untuk penggunanya dalam menikmati hiburan, diantaranya adalah situs "Game Online". Dengan situs ini user bisa bermain game secara universal dengan seluruh pemain lain didunia.

Kelebihan : Dapat membuat kondisi kita yang stess menjadi lebih tenang dan merefreshing otak.

2. EDUKASI

Banyak sekali Pendidikan yang didapat via internet , mulai dari wikipedia.com dsb. Internet dapat membuat pengguna nya cerdas jika Pengguna nya menggunakan nya untuk mencari pendidikan yang positif, sebaliknya internet dapat membuat pengguna nya bodoh jika kita negatif dalam mencari pendidikan via internet.

Kelebihan : Mempermudah sistem pembelajaran yang selama ini menggunakan buku, namun dengan adanya E-Book dan E-Learning kita dapat mencarinya dengan menggunakan internet dan hasil yang didapat cukup efisien.

3. INFORMASI
Di dalam sebuah internet, informasi adalah salah satu kelebihan yang dapat di tonjolkan oleh internet. Dengan adanya informasi didalam sebuah internet, kita dapat dengan mudah mencari hal-hal maupun kabar terbaru dari belahan dunia maupun.

Kelebihan : Menambah wawasan, pencarian informasi yang jauh lebih mudah dan cepat ditemui, dan memiliki banyak sumber informasi yang dapat kita temui.

KEKURANGAN

1. TIDAK ADA FILTER YANG TANGGUH
Banyak yang mencoba memfilter informasi di internet, namun kenyataannya hal itu tidak bisa dengan mudah menyingkirkan informasi yang membahayakan atau tidak pantas. Sejauh ini tidak ada filter yang tangguh untuk memfilter internet dari pornografi dan pembajakan.

Kekurangan : Banyaknya konten-konten yang tidak mendidik dan mengandung sara.

2. PENGAWASAN HUKUM MASIH LEMAH

Masih banyak orang yang melanggar hak cipta dalam penggunaan internet, ada pula orang-orang yang melakukan penipuan dengan menggunakan sebuah internet.

Kekurangan : Banyaknya kasus penipuan, pelanggaran hak cipta tanpa menggunakan copyright

3. INFORMASI PALSU DIMANA-MANA

Memang benar internet dapat dengan mudah memberi kita informasi secara cepat, namun banyak juga orang-orang yang tidak bertanggung jawab menyebarkan infomasi-informasi palsu yang bertujuan untuk menyesatkan para pembacanya.

Kekurangan : Masyarakat yang awam atau minim pengetahuan tentunya akan mudah terpercaya begitu saja.


REFERENSI

(INTERNET)
Mayfel G Ruusmilan. Dari : http://mayfelruusmilan.blogspot.co.id/, 09 Oktober 2015
Nolazry. Dari : https://nolazry.wordpress.com/kelebihan-dan-kelemahan-internet/, 09 Oktober 2015

(BUKU)
Yudi, S, & Riyani, Wikan.(1997). 10 Menit Panduan Internet, Jakarta : Penerbit PT Elex Media Komputindo.

sejarah dan pengertian tentang internet

SEJARAH INTERNET

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX.
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistemjaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research InstituteUniversity of CaliforniaSanta BarbaraUniversity of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
Sejarah Internet dimulai pada tahun 60-an, yaitu ketika Levi C. Finch dan Robert W. Taylor mulai melakukan penelitian tentang jaringan global dan masalah interoperabilitas. Selanjutnya, beberapa program penelitian mulai dilakukan untuk melihat mekanisme pengaitan jaringan-jaringan yang berbeda secara fisik. Salah satu solusi yang muncul dari penelitian-penelitian tersebut adalah teknik packet switching. Pada teknik packet switching, data atau file berukuran besar yang akan dikirim melalui jaringan komputer terlebih dahulu dipotong menjadi paket kecil-kecil agar lebih mudah ditangani dan lebih Andal. Peneliti utama dalam pengembangan packet switching ini adalah Donald Davies (NPL), Paul Baran (RAND Corporation), Leonard Kleinrock dan kawan-kawan (MIT) dan UCLA Research Programs.


Pada tahun 1969, Robert Taylor yang baru dipromosikan sebagai kepala kantor pemrosesan informasi di DARPA (Badan Riset Angkatan Bersenjata Amerika Serikat) bermaksud mengimplementaskan ide untuk membuat sistem jaringan yang saling terhubung. Bersama Larry Robert dari MIT, Robert Taylor memulai proyek yang kemudian dikenal sebagai ARPANET. Sambungan pertama ARPANET terbentuk antara University of California, Los Angeles (UCLA) dan Stanford Research Institute (SRI) pada jam 22:30 tanggal 29 Oktober 1969. Pada tanggal 5 Desember 1969, ada dua jaringan lagi yang yang bergabung, yakni University of Utah dan University of California, Santa Barbara sehingga total terdapat empat (4) simpul jaringan. ARPANET yang berbasis pada teknologi ALOHAnet berkembang sangat cepat. Pada tahun 1981, jumlah simpul yang tersambung menjadi 213.

Selain jaringan untuk penelitian seperti ARPANET dan X.25, para hobbiis komputer juga mengembangkan teknik jaringan sendiri yang kemudian cukup populer, yaitu UUCP. Masalah terbesar pada teknik ini adalah bagaimana supaya berbagai jenis peralatan jaringan, seperti telepon, radio, kabel LAN yang secara fisik sangat berbeda dapat berkomunikasi satu sama lain. Keberagaman media fisik jaringan mendorong pengembangan tatacara komunikasi (protokol komunikasi) yang mampu melakukan internetworking, sehingga banyak jaringan kecil dapat saling tersambung menjadi satu menjadi jaringan komputer maha besar.

Kumpulan tata cara komunikasi atau protokol Internet memungkinkan jaringan komputer dibangun menggunakan saluran fisik yang berbeda. Dalam bahasa yang sederhana, komputer yang terhubung menggunakan telepon, dapat berkomunikasi dengan komputer yang tersambung ke jaringan LAN maupun jaringan radio. Hal ini mendorong terjadinya inter-network (antar jaringan) secara global yang kemudian hari kita kenal sebagai “Internet”.

Selain protokol Internet, hal lain yang tidak kalah penting dalam perkembangan Internet adalah metode pengalamatan di Internet. Jon Postel dari Information Science Institute (ISI) di University of Southern California (USC) adalah orang yang sangat berjasa di balik berbagai alokasi alamat IP Internet, manajemen Domain Name System (DNS), tipe media, dan berbagai alokasi nomor untuk tata cara komunikasi penting di Internet. Hingga wafatnya pada tanggal 16 Oktober 1998, Jon Postel mengelola Internet Assigned Numbers Authority (IANA). Pada tanggal 21 Juli 1998, Jon Postel memperoleh Silver Medal dari International Telecommunications Union (ITU) atas jasa-jasanya membangun Internet di dunia. Saat ini, IANA dioperasikan oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).

Komersialisasi dan privatisasi Internet mulai terjadi pada tahun 1980-an di Amerika Serikat dengan di ijinkannya Internet Service Provider (ISP) untuk beroperasi. Internet mulai booming pada tahun 1990-an. dan menjadi kunci pemicu perubahan dalam budaya dan dunia usaha. Internet menawarkan pola komunikasi cepat menggunakan e-mail, diskusi bebas di forum, dan Web.



PENGERTIAN INTERNET


Pengertian internet. Internet atau kependekan dari interconnection-networking merupakan seluruh jaringan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan suatu standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) yang digunakan sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani miliaran pengguna yang terdapat di seluruh dunia. Rangkaian internet yang terbesar tersebut dinamakan dengan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan menggunakan kaidah ini dinamakan dengan internetworking ("antarjaringan").

REFERENSI

(INTERNET)

Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. Dari : https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet, 09 Oktober 2015
Lestari Yunita. Dari : http://lestariyunita10.blogspot.co.id/2013/09/sejarah-dan-perkembangan-internet-di.html
, 09 Oktober 2015

(BUKU)

Samuel, Enrico Elizar, & Rahmayanto, Andhika(1997). Nicrosoft Internet Solution. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo.