Teknik Informatika

Minggu, 10 April 2016

PRILAKU WEB | SELURUH PENCARIAN DI DUNIA

SELURUH PENCARIAN WEB DI DUNIA


1. Google http://www.google.com )

Google merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet, Cloud Computing, serta teknologi iklan online & perangkat lunak.


Google.com


2. Yahoo ( http://www.yahoo.com )

Yahoo ialah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari (Yahoo! Search)Yahoo! DirectoryYahoo! MailYahoo! NewsYahoo! FinanceYahoo! GroupsYahoo! Answers, situs dan layanan periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya. Yahoo! adalah salah satu situs web terbesar di Amerika Serikat.


Yahoo.com


3. Bing ( http://www.bing.com )

Bing merupakan mesin pencari (search engine) website yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing ini merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.
Bing.com


4. Altavista ( http://www.altavista.com )

Altavista merupakan search engine yang cukup terkenal dimata dunia. Di altavista, kita bisa mencari berbagai informasi berupa web, gambar, video, berbelanja online, aplikasi, dan berita.
Altavista.com


5. Ixquick (http://www.ixquick.com )

Ixquick merupakan mesin pencari yang melakukan pencarian di banyak situs mesin pencari sekaligus. Menarik, bukan? Anda bisa menentukan mesin pencari-mesin pencari mana saja yang perlu ditelusuri oleh IxQuick


Ixquick.com


6. Ebay ( http://www.ebay.com )

Ebay merupakan sebuah situs web lelang yang memungkinkan orang-orang dari seluruh dunia untuk dapat membeli dan menjual berbagai barang dan jasa.


ebay.com


7. Excite ( http://www.excite.com )

Excite merupakan search engine yang serupa dengan yahoo.


excite.com


8. Gigablast ( http://www.gigablast.com )

Gigablast adalah mesin pencari di Internet, didirikan pada 2000 oleh Matt Wells. Gigablast merupakan proyek terakhir dari Matt Wells, setelah membuat situs web Infoseek selama tiga tahun, Gigablast didirikan dengan tujuan untuk melakukan pencarian halaman web dengan kemampuan maksimal mesin pencari lain pada zamannya, namun menggunakan alat seminimum mungkin. Pada bulan Januari 2005, mesin indeks dari Gigablast hampir memiliki satu miliar halaman web yang telah terindeks, dengan hanya menggunakan biaya 8000 Dolar Amerika Serikat (kontra 8000000000 puluhan halaman dan bernilai jutaan peralatan untuk Google).


Gigablast.com


9. Aol ( http://www.aol.com )

Dulunya adalah perusahaan America Online, Inc., dan merupakan penyelenggara jasa Internet global yang berpusat di New York dan sebelum berstatus publik sejak tanggal 9 Desember 2009, AOL dioperasikan oleh perusahaan Time Warner. Pada saat ini AOL melayani banyak perusahaan dalam hal layanan Internet di berbagai negara di dunia, sehingga menjadikan AOL sebagai ISP bersifat Internasional dengan jumlah pelanggan mencapai 30 juta pengguna.
Aol.com


10. Ask http://www.ask.com )

Ask merupakan search engine yang fungsinya untuk mencari informasi berupa gambar, document, video, refrensi, dan berita.


Ask.com


11. Iwon http://www.iwon.com )

Iwon merupakan search engine yang bekerja sama dengan Ask.com sekaligus merupakan website untuk menghasilkan uang dengan bermain game online. Anda bisa memenangkan hadiah hingga 500 hadiah tunai $.


Iwon.com


12. Joeant ( http://www.joeant.com )

Joeant menawarkan direktori edited manusia “untuk menyediakan direktori situs berkualitas bagi pengguna Internet”. Dibuat oleh sekelompok selusin mantan Go.com (Disney) relawan Go Guides, JoeAnt lahir dari keinginan untuk menyediakan hasil yang relevan dalam berbagai macam topik, dan berusaha untuk bekerja dengan membentuk komunitas editor di mana orang tertarik dapat ikut Diluncurkan pada 24 Mei 2001, JoeAnt telah tumbuh menjadi sebuah direktori besar dengan daftar editor besar.
joeant.com


13. Lycos ( http://www.lycos.com )

Lycos adalah mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas. Proyek Lycos diperkenalkan pertama kali oleh Michael Loren Mauldin dari Universitas Carnegie Mellon di Amerika Serikat pada tahun 1994, yang kemudian berubah menjadi suatu perusahaan. Kemudian pada tahun 1995, Bob Davis bergabung dan menjadi CEO dari perusahaan Lycos ini.
Lycos.com


14. Mamma ( http://www.mamma.com )

Mamma merupakan contoh metasearch engine. Pencarian dengan metasearch engine akan membawa kita pada hasil pencarian yang didapat oleh berbagai mesin pencari.
Mamma.com


SUMBER :
http://ruditayasa.blogspot.co.id/2012/09/macam-macam-search-engine-di-dunia.html

PRILAKU WEB | SEARCH ENGINE UNTUK MENCARI WEB

PENCARIAN UNTUK MENEMUKAN WEB

Mesin pencari web (bahasa Inggrisweb search engine) adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan wwwftppublikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web.

SUMBER :
https://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_pencari_web

PRILAKU WEB | 2 MACAM TIPE PENCARIAN

ADA 2 MACAM TIPE PENCARIAN DI WEB


Ada dua tipe navigasi :
1. Standar merupakan jenis yang memberikan overview dan peta penjelajahan sebuah situs. Biasanya bisa ditemukan secara konsisten baik di bagian header, left,right  atau footer. 

2. Advance merupakan jenis ini masih bertujuan sebagai alat untuk menelusuri sebuah situs, dengan cara lebih spesifik. Misalnya pada situs online shop seperti melihat barang lewat kategori barang , range harga barang, dll yang mempermudah pengunjung dalam mencari kebutuhan  mereka. Navigasi semacam ini sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah diberi antar muka yang lebih intuitif.

SUMBER :
http://novianurh.blogspot.co.id/2014/06/web-dan-perilaku-pengguna-interaksi.html

PRILAKU WEB | PRILAKU SEARCH ENGINE

ULASAN MENGENAI PRILAKU PENCARIAN DI DALAM WEB

Setiap situs atau website pada umumnya memiliki fitur pencarian. Begitu juga pada sebuah halaman blog. Fitur pencarian pada sebuah blog berguna untuk memudahkan para pembaca dalam mencari artikel yang sudah kita tulis. Posisi fitur pencarian ini biasanya diletakkan dibagian atas blog, baik disisi kanan maupun sisi kiri blog tersebut.

SUMBER :
http://novianurh.blogspot.co.id/2014/06/web-dan-perilaku-pengguna-interaksi.html

PRILAKU WEB | GAMBARAN NAVIGASI WEB

GAMBARAN NAVIGASI PADA WEB

Gambar 1 (Type Horizontal)

Gambar 2 (Type Horizontal)

Gambar 3 (Type Horizontal)

Gambar 4 (Type Vertical)

SUMBER :
https://www.google.co.id/search?q=navigasi+perilaku+web&biw=1366&bih=599&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjRlZGCkYTMAhUI4GMKHU63DF0Q_AUIBygC#tbm=isch&q=navigasi+web+

PRILAKU WEB | CONTOH PRILAKU NAVIGASI WEB

CONTOH-CONTOH NAVIGASI WEB

Contoh penggunaan navigasi adalah pada halaman blog. Salah satu navigasi yang penting dalam sebuah blog adalah menu navigasi horizontal. Menu navigasi horizontal biasa digunakan pada web atau blog. Dilihat dari peranannya, menu horizontal sangat berguna bagi pemilik blog maupun pengunjung guna menavigasi ke halaman yang diinginkan.

Secara singkatnya terdapat pada beberapa tempat membuat web seperti :

1. Blogspot
2. Wordpress
3. Web Builder

SUMBER :
http://inassnabila.blogspot.co.id/2014/06/perilaku-navigasi-dan-perilaku.html

PRILAKU WEB | PRILAKU NAVIGASI WEB

PRILAKU NAVIGASI WEB

Navigasi adalah petunjuk posisi dan arah perjalanan. Di dalam dunia web, navigasi dianggap penting agar user yang sedang berada di dalam halaman tertentu tidak tersesat dan mudah menemukan halaman-halaman lain dalam website kita. Perilaku navigasi pada suatu situs atau web bisa disebut juga dengan tata letak dari navigasi-navigasi  di dalam situs tersebut. Pada suatu situs atau website, penggunaan navigasi yang baik sangatlah penting.  Para pembuat website harus bisa membuat suatu navigasi yang menarik agar pengunjung situs tersebut tidak bosan melihatnya. 

SUMBER :
http://inassnabila.blogspot.co.id/2014/06/perilaku-navigasi-dan-perilaku.html

WEB CONTENT | MENURUT ARISTOTELES TENTANG BANDING RETORIS

PANDANGAN ARISTOTELES
Aristoteles berpendapat bahwa logos adalah bentuk terkuat dan paling dapat diandalkan dari persuasi, bentuk yang paling efektif persuasi, bagaimanapun, menggunakan ketiga banding. Ethos pada halaman web merupakan identitas dari web tersebut yang disajikan oleh penulis atau pembuat web sebagai situs buatannya. dapat berupa warna, lambang dan ciri khas lainnya.
SUMBER :
https://dhozkiii24.wordpress.com/2013/08/26/penjelasan-web-content-media-standar-generative-model-model-retorika-di-web/

WEB CONTENT | DENGAN SEGITIGA RETORIS DAN BANDING RETORIS


SEGITIGA RETORIS DAN BANDING RETORIS
Segitiga retoris terdiri dari tiga komponen yang hadir dalam setiap proses persuasif:
  • Penulis: orang yang menghasilkan teks.
  • Pemirsa: orang / orang yang menerima / teks.
  • Teks: pesan yang disampaikan dari penulis untuk penonton
anding retoris:  tiga jalan utama dimana orang dibujuk.
  • Logos:  Strategi alasan, logika, atau fakta. Setiap jenis argumen yang menarik bagi sisi rasional seseorang adalah menarik untuk logo.
  • Ethos:  ” Karakter” Banding ke etos Strategi kredibilitas, wewenang, atau menunjukkan penulis kepercayaan, keahlian dan kejujuran dan berusaha untuk menempatkan penulis dalam cahaya yang lebih positif untuk penonton.
  • Pathos:  Strategi emosi dan mempengaruhi. Pathos menarik bagi rasa audiens kemarahan, kesedihan, atau kegembiraan.
SUMBER :
https://dhozkiii24.wordpress.com/2013/08/26/penjelasan-web-content-media-standar-generative-model-model-retorika-di-web/

WEB CONTENT | MODEL RETORIKA DI WEB

RETORIKA MODEL

Retorika berarti mempunyai keinginan untuk berbicara baik secara umum maupun khusus, yang dapat dilakukan dalam beberapa kelompok untuk mencapai suatu tujuan tertentu ( misalnya memberikan informasi data atau memberikan informasi). Oleh karena itu pembicaraan adalah suatu kemampuan khusus manusia. Untuk menyampaikan jalan pikirannya kepada orang lain.
Aristoteles mendefinisikan retorika sebagai “kemampuan untuk melihat atau mengidentifikasi dalam keadaan tertentu sarana yang tersedia persuasi.” Menganalisis retorika berfokus pada “bagaimana” dan “mengapa” persuasi daripada apa hal-hal tertentu orang katakan atau tulis agar persuasif . Salah satu cara komponen strategi retoris adalah dengan menggunakan Segitiga Retoris. Model ini menempatkan ke dalam kerangka umum interaksi antara berbagai aktor dan perangkat dalam persuasi. Tiga Banding retorik adalah strategi utama yang digunakan untuk membujuk penonton/audience dan juga perangkat penting untuk memahami ketika membangun atau mendekonstruksi argumen. Retorika adalah sebuah seni berkomunikasi efektif dengan wicara. Retorika merujuk pada suatu teknik pemakaian bahasa sebagai seni, yang didasarkan pada suatu pengetahuan yang tersusun baik.

SUMBER :
https://dhozkiii24.wordpress.com/2013/08/26/penjelasan-web-content-media-standar-generative-model-model-retorika-di-web/

WEB CONTENT | GENERATIVE MODEL

GENERATIVE MODEL
Generative models dan Discriminative models adalah dua model yang secara general dikenal di dunia pattern recognition. Biasanya setiap metode dapat dikategorikan ke dalam salah satu atau kedua model tersebut (dalam kasus hybrid methods). Perbedaan mencolok antara keduanya adalah, Generative models mengasumsikan bahwapembentukan setiap pattern di atur oleh set parameters. Di lain pihak, Discriminative models lebih fokus kepada pembentukan decision boundaries yang mana akan digunakan sebagai batas pembeda antar patterns. Dalam prakteknya decision boundaries bisa sangat kompleks, atau sangat mudah seperti sebuah garis linear. Perlu diketahui bahwa pembentukan decision boundaries tidak hanya ekslusif ada di Discriminative models. Generative models juga dapat membuat decision boundaries.

SUMBER :
https://dhozkiii24.wordpress.com/2013/08/26/penjelasan-web-content-media-standar-generative-model-model-retorika-di-web/

WEB CONTENT | STANDAR DALAM SEBUAH CONTENT

HAL MENDASAR DARI WEB CONTENT
Standar adalah ketentuan atau karakteristik teknis tentang suatu kegiatan atau hasil kegiatan, yang dirumuskan dan disepakati bersama oleh pihak-pihak yang berkepentingan sebagai acuan baku bagi kegiatan dan transaksi yang mereka lakukan.
jenis-jenis standar :
  1. Standar Produk
  2. Standar Sistem Manajemen
  3. Standar Penilaian Kesesuaian
SUMBER :
https://dhozkiii24.wordpress.com/2013/08/26/penjelasan-web-content-media-standar-generative-model-model-retorika-di-web/

WEB CONTENT | MENGENAI MEDIA

MEDIA SEBAGAI PELENGKAP CONTENT

Media merupakan suatu wadah atau sarana dalam menyampaikan suatu informasi dari pengirim kepada penerima. Media adalah segala bentuk dan saluran yang dapat digunakan dalam suatu proses penyajian informasi. Asosiasi Teknologi dan Komunikasi Pendidikan atau Association of Education and Communication Technology (AECT) membatasi media sebagai saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan atau informasi. Batasan yang lain juga diberikan oleh Asosiasi pendidikan Nasional atau Education Association (NEA) yang membatasi media merupakan bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak maupun Audio-Visual serta peralatannya serta media hendaknya dapat dimanipulasi, dapat didengar, dilihat dan dibaca.

SUMBER :
https://dhozkiii24.wordpress.com/2013/08/26/penjelasan-web-content-media-standar-generative-model-model-retorika-di-web/

WEB CONTENT | PENGERTIAN

MENGENAI WEB CONTENT

Web content adalah isi dari website yang telah anda buat. Tanpa adanya file-file halaman web dan file pendukung, maka domain dan hosting yang telah Anda miliki tidak akan menampilkan apa-apa jika diakses. Ini seperti memiliki rumah baru yang sudah ada alamatnya tapi belum diisi perabot alias kosong.

Berbeda dengan domain dan hosting yang sangat mudah dimiliki serta tidak membutuhkan skill khusus, konten website membutuhkan penanganan dan skill khusus. Anda harus menyiapkan halaman web beserta file pendukungnya secara terstruktur agar berfungsi dengan baik, lalu menempatkannya di hosting Anda.

SUMBER :
https://dhozkiii24.wordpress.com/2013/08/26/penjelasan-web-content-media-standar-generative-model-model-retorika-di-web/