Teknik Informatika

Minggu, 29 Mei 2016

ANALISA WEB | Trik Halaman web Masuk Google Crawlers

Cara Supaya Halaman Web Kita Masuk Dalam Google Crawlers

Tips Agar Sering didatangi oleh Google Crawlers pertama :
Membuat sitemap dan atau daftar isi
Sitemap (peta situs) blog berfungsi membantu search engine bot menjelajahi, menemukan dan mengindeks konten blog kita. Jika blog anda berplatform wordpress.org, cara paling mudah membuat sitemap adalah dengan memasang plugin bernama Google XML sitemaps. Sitemap sebenarnya hampir sama dengan halaman daftar isi yang sering kita buat di blog, hanya sitemap berisi kode-kode HTML yang dibaca oleh bot sedangkan daftar isi untuk dibaca oleh manusia. Jika anda ingin sitemap yang juga berfungsi sebagai daftar isi, gunakan plugin bernamaDagon Sitemap Generator. Beberapa themes seperti GoBlog Themes sudah menyediakan sitemap secara default seperti ini: Sitemap.

Tips Agar Sering didatangi oleh Google Crawlers kedua :
Mendaftarkan sitemap di Google Webmaster Tools
Sitemap blog anda perlu didaftarkan di Google Webmaster Tools. Google webmaster sendiri penting diikuti oleh semua pemilik blog agar anda dapat menganalisa semua data yang berkenaan dengan blog anda. Melalui uji sitemap, kita bisa mengetahui konten mana di blog yang belum terindeks Google. Daftarkan dulu blog anda di Google Webmaster Tools, lihat caranya disini
Setelah terdaftar, masuk ke bagian “pengoptimalan” >> “peta situs” dan masukkan nama sitemap blog anda.
Kolom yang perlu diisi disamping URL blog kita adalah: sitemap.xml, jadi lengkapnya adalah: namabloganda.com/sitemap.xml

Tips Agar Sering didatangi oleh Google Crawlers ketiga :
Internal link

Internal link merupakan teknik onpage optimization, yaitu salah satu cara yang digunakan dalam SEO untuk meningkatkan online visibility dari sebuah blog. Internal link adalah link yang mengarah ke dalam blog kita sendiri. Buatlah link tersebut relevan dengan topik yang sedang dibahas. Berapa banyak internal link yang perlu ditambahkan dalam 1 artikel ? Tidak ada patokan, namun buatlah minimal 2 saja. Satu link mengarah ke homepage dan 1 link mengarah ke artikel lain yang kategorinya sejenis atau bahkan mengarah ke artikelnya itu sendiri. Internal link ini sama fungsinya seperti sitemap yaitu memudahkan Google Crawlers menjelajahi blog kita

Sumber: http://clickforgamers.blogspot.sg/2013/04/pengukuran-web-crawler-search-engine.html 

ANALISA WEB | Cara Kerja Web Crawler

Web crawler atau yang dikenal juga dengan istilah web spider bertugas untuk mengumpulkan semua informasi yang ada di dalam halaman web. Web crawler bekerja secara otomatis dengan cara memberikan sejumlah alamat website untuk dikunjungi serta menyimpan semua informasi yang terkandung didalamnya. Setiap kali web crawler mengunjungi sebuah website, maka web crawler tersebut akan mendata semua link yang ada dihalaman yang dikunjunginya itu untuk kemudian di kunjungi lagi satu persatu. Proses web crawler dalam mengunjungi setiap dokumen web disebut dengan web crawling atau spidering. Beberapa websites, khususnya yang berhubungan dengan pencarian menggunakan proses spidering untuk memperbaharui data data mereka. Web crawler biasa digunakan untuk membuat salinan secara sebagian atau keseluruhan halaman web yang telah dikunjunginya agar dapat di proses lebih lanjut oleh system pengindexan. Crawler dapat juga digunakan untuk proses pemeliharaan sebuah website, seperti memvalidasi kode html sebuah web, dan crawler juga digunakan untuk memperoleh data yang khusus seperti mengumpulkan alamat e-mail.


Web crawler termasuk kedalam bagian software agent atau yang lebih dikenal dengan istilah program bot. Secara umum crawler memulai prosesnya dengan memberikan daftar sejumlah alamat website untuk dikunjungi, disebut sebagai seeds. Setiap kali sebuah halaman web dikunjungi, crawler akan mencari alamat yang lain yang terdapat didalamnya dan menambahkan kedalam daftar seeds sebelumnya

Sumber : http://clickforgamers.blogspot.sg/2013/04/pengukuran-web-crawler-search-engine.html 

ANALISA WEB | Crawlers Pada Search Engine

Crawlers Pada Search Engine
Berikut ini adalah contoh-contoh dari Crawler:
1.Teleport Pro
Salah satu software web crawler untuk keperluan offline browsing. Software ini sudah cukup lama popular, terutama pada saat koneksi internet tidak semudah dan secepat sekarang. Software ini berbayar dan beralamatkan di http://www.tenmax.com.
2.HTTrack
Ditulis dengan menggunakan C, seperti juga Teleport Pro, HTTrack merupakan software yang dapat mendownload konten website menjadi sebuah mirror pada harddisk anda, agar dapat dilihat secara offline. Yang menarik software ini free dan dapat di download pada website resminya di http://www.httrack.com
3.Googlebot
Merupakan web crawler untuk membangun index pencarian yang digunakan oleh search engine Google. Kalau website anda ditemukan orang melalui Google, bisa jadi itu merupakan jasa dari Googlebot. Walau konsekuensinya, sebagian bandwidth anda akan tersita karena proses crawling ini.
4.Yahoo!Slurp
Kalau Googlebot adalah web crawler andalan Google, maka search engine Yahoo mengandalkan Yahoo!Slurp. Teknologinya dikembangkan oleh Inktomi Corporation yang diakuisisi oleh Yahoo!.
5.YaCy
Sedikit berbeda dengan web crawler  lainnya di atas, YaCy dibangun atas prinsip jaringan P2P (peer-to-peer), di develop dengan menggunakan java, dan didistribusikan pada beberapa ratus mesin computer (disebut YaCy peers). Tiap-tiap peer di share dengan prinsip P2P untuk berbagi index, sehingga tidak memerlukan server central.
Contoh search engine yang menggunakan YaCy adalah Sciencenet (http://sciencenet.fzk.de) untuk pencarian dokumen di bidang sains.


Sumber : http://clickforgamers.blogspot.sg/2013/04/pengukuran-web-crawler-search-engine.html 

ANALISA WEB | Pengertian Crawler

Crawler bertugas untuk mengindeks, membuat rangking, menyusun dan menata halaman dalam bentuk indeks terstruktur agar bisa dicari dalam waktu yang sangat cepat.

Obyek dari crawler adalah isi halaman, file, folder dan direktori web, sedangkan subyek dari robots.txt adalah mesin pencari/search engine crawler.

Crawler ini penting dipahami untuk SEO.

Crawler akan berhadapan dengan robotsg.txt yang akan memandu mesin pencari/search engine seperti google, yahoo dan bing untuk mengindeks sebuat blog atau website, sehingga crawler akan tahu mana halaman, folder atau file yang boleh diindeks atau tidak, semakin lengkap sebuah panduan dalam robots.txt akan lebih baik, dengan demikian robot crawler akan dengan cepat mengindeks isi website, kebanyakan halaman situs berisi link ke halaman lain.

Sebuah spider dapat memulai dari manapun, apabila ia melihat sebuah link kepada halaman lain, maka ia akan segera menuju ke sana dan mengambilnya.

Search engine seperti Alta vista mempunyai banyak spider yang bekerja secara pararel. Sangat direkomendasikan untuk tidak menggunakan javascript pada menu utama, gunakanlah tag noscript, hyal ini dikarenakan javascript tidak bisa diambil oleh spider untuk search engine, dan semua link yang mengandung javascript akan ditolak sebagai halaman teks.



Sumber :  http://clickforgamers.blogspot.sg/2013/04/pengukuran-web-crawler-search-engine.html

ANALISA WEB | Tools Pengukur Web (Alexa Rank)

Alexa Rank 

Alexa Internet, Inc. adalah perusahaan yang berbasis di California yang mengoperasikan situs yang menyediakan informasi mengenai banyaknya pengunjung suatu situs dan urutannya. Alexa Internet didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat. Cara kerja Alexa rank Alexa memberikan peringkat ke sebuah situs berdasarkan jumlah pengunjung unik. Semakin rendah alexarank dari situs berarti situs memiliki sedikit pengunjung unik.Jadi jika Anda bisa mendapatkan lebih banyak traffic ke situs Anda, Anda akan mendapatkan lebih rendah alexa rank.

 Kelemahan Alexa:
1. Jika pengguna internet (pengakses situs anda tidak menginstal Alexa Toolbar di browsernya) maka sekalipun ada 1000 pengunjung situs anda dalam sehari, Alexa akan tetap menilai situs anda tidak ada pengunjungnya.
2. Jika dalam sehari ada yang mengakses situs anda 20 kali dengan alamat IP (Internet protocol) yang sama, maka akan dianggap situs anda hanya dikunjungi oleh 1 satu orang hanya dapat poin 1, akan berbeda jika situs anda dikunjungi oleh 20 orang dengan alamat IP berbeda (unik) maka situs anda akan memperoleh nilai 20 (nilai ini hanya pengandaian, Alexa mempunyai formula sendiri dalam menentukan nilai sebuah web) .

Kelebihan Alexa :
1. Alexa rank akan menampilkan tingkat popularitas dari sebuah situs web yang dibandingkan dengan web milik kita,termasuk jangkauan,tampilan halaman,dan masih banyak lagi.
2. Pencarian analisa akan menampilkan kepada kita yang merupakan syarat untuk kita untuk berkompetisi untuk mendapatkan sebuah traffic 3.Data pengunjung akan menampilkan kepada kita apa yang menarik dari website kita yang dilihat oleh pengunjun – pengunjung website kita 4.Data clickstream akan menampilkan kepada kita sebagai pemilik website dimana dalam mendapatkan traffic dari program keanggotaan dan kemitraan.


Sumber : http://clickforgamers.blogspot.sg/2013/04/pengukuran-web-crawler-search-engine.html

ANALISA WEB | Tools Pengukur Web (GTmetrix)

Adalah website untuk menganalisa kecepatan web yang tersedia secara gratis, dengan menggunakan google page speed dan Yahoo Yslow sebagai analyze engine dan untuk menampilkan hasil serta rekomendasi yang harus dilakukan.
Dengan GTmetrix juga dapat membandingkan beberapa URL sekaligus 

mendaftar sebagai anggota maka dapat:

-          Melihat tes sebelumnya untuk membandingkan hasilnya
-          Menjadwalkan cek website secara otomatis
-          Menyimpan laporan
-          Memilih hasil laporan untuk ditampilkan kepublic atau tidak

Kelebihan GTmetrix :
-          Dapat menggunakan google page speed dan YSLOW sebagai analyze engine
-          Dapat membandingkan beberapa URL sekaligus
-          Menjadwalkan cek website secara otomatis
-          Dapat menyimpan laporan
-          Memilih hasil laporan untuk ditampilkan kepublic atau tidak.

Kekurangan GTmetrix :
-          Jika menggunakan GTmetrix harus menggunakan internet yang cepat.

Sumber : http://clickforgamers.blogspot.sg/2013/04/pengukuran-web-crawler-search-engine.html 

ANALISA WEB | Tools Pengukur Web (Pingdom Tools)

Merupakan sebuah alat ukur kecepatan website dapat di akses, nilai dari sebuah website, dan beberapa ukuran dari sebuah website tersebut.

Beberapa kelebihannya di kategorikan sebagai berikut :

Performance Grade : melihat nilai kecepatan performa halaman web, dari akses DNS, browser cache, combine external css dan lain-lain.
Waterfall : melihat detail kecepatan akses ketika membuka halaman web, dari gambar bahkan sampai seberapa cepat script tersebut dapat di akses.
Page Analysis : melihat detail analisa halaman web.
History : melihat detail akses dari beberapa hari lalu.

Kekurangan yang terdapat pada tools ini, sama seperti tools alat ukur akses web pada umumnya yaitu Membutuhkan akses internet yang stabil, karena tidak mungkin kita bisa mengukur kecepatan akses suatu website kalau akses internet kita terhadap website tersebut tidak stabil/berjalan dengan baik.

Sumber :http://clickforgamers.blogspot.sg/2013/04/pengukuran-web-crawler-search-engine.html 

ANALISA WEB | Pengertian Pengukuran Web

pengukuran kinerja web (web measurement) adalah seni untuk mengumpulkan data dan menganalisa data agar dapat digunakan dan mudah dibaca oleh manusia. Salah satu teknik mengukur dan menguji suatu kinerja web adalah dengan mengukur pengalaman seseorang atau user experience pengunjung situs yang berinteraksi dengan halaman-halaman web yang berada di internet.

Sumber :  https://fajarpram.wordpress.com/2014/06/15/analisis-web/

ANALISA WEB | Metode Lain

Metode lain pengumpulan data kadang-kadang digunakan. Paket sniffing oleh mengendus mengumpulkan data lalu lintas jaringan yang lewat di antara web server dan dunia luar. Packet sniffing tidak melibatkan perubahan pada halaman web atau web server. Mengintegrasikan analisis Web ke perangkat lunak server web itu sendiri juga mungkin. Kedua metode ini mengklaim untuk menyediakan real-time lebih baik data dibandingkan metode lainnya.


Kunci definisi

Tidak ada definisi yang disepakati secara global dalam analisis web sebagai industri jenazah telah berusaha untuk setuju definisi yang berguna dan definitif untuk beberapa waktu. Badan-badan utama yang telah masukan di daerah ini telah Jicwebs (Komite Industri Web Standards) / ABCe (Biro Audit sirkulasi elektronik, Inggris dan Eropa), The Waa (Web Analytics Association, US) dan untuk tingkat yang lebih rendah IAB (Interactive Advertising Bureau). Ini tidak mencegah dari daftar berikut sebagai panduan yang berguna, menderita hanya sedikit dari ambiguitas. Baik waa dan menyediakan lebih definitif ABCe daftar bagi mereka yang menyatakan statistik mereka menggunakan metrik yang didefinisikan dengan baik.

* Hit - Permintaan untuk file dari web server. Hanya tersedia di analisis log. Jumlah hit yang diterima oleh sebuah situs web yang sering dikutip untuk menyatakan popularitasnya, tetapi jumlah ini sangat menyesatkan dan secara dramatis selama-perkiraan popularitas. Sebuah web-page biasanya terdiri dari beberapa (seringkali lusinan) file diskrit, yang masing-masing dihitung sebagai hit seperti halaman di-download, sehingga jumlah hits adalah benar-benar jumlah yang sewenang-wenang lebih mencerminkan kompleksitas di setiap halaman website daripada popularitas situs sebenarnya. Jumlah pengunjung atau memberikan tampilan halaman yang lebih realistis dan akurat penilaian popularitas.
* Page view - Permintaan untuk tipe file yang didefinisikan sebagai halaman dalam analisis log. Sebuah kejadian dari script yang dijalankan dalam tag halaman. Dalam analisis log, satu tampilan halaman dapat menghasilkan beberapa hit seperti semua sumber daya yang diperlukan untuk melihat halaman (gambar,. Js dan. Css file) juga diminta dari server web.
* Kunjungi / Session - Kunjungan didefinisikan sebagai serangkaian halaman yang sama permintaan dari klien diidentifikasi secara unik dengan waktu tidak lebih dari 30 menit di antara setiap permintaan halaman. Sebuah sesi didefinisikan sebagai serangkaian halaman yang sama permintaan dari klien diidentifikasi secara unik dengan waktu tidak lebih dari 30 menit dan tidak ada permintaan halaman dari domain lain campur tangan antara permintaan halaman. Dengan kata lain, sesi berakhir ketika seseorang pergi ke situs lain, atau 30 menit berlalu antara tampilan halaman, manapun yang lebih dulu. Kunjungan berakhir hanya setelah 30 menit waktu tunda. Jika seseorang meninggalkan sebuah situs, kemudian kembali dalam waktu 30 menit, ini akan dihitung sebagai satu kali kunjungan tapi dua sesi. Pada prakteknya, kebanyakan sistem sesi mengabaikan dan banyak analis menggunakan kedua istilah untuk dilihat. Karena waktu antara tampilan halaman sangat penting untuk definisi kunjungan dan sesi, satu pun peristiwa tampilan halaman tidak merupakan kunjungan atau sesi (itu adalah "bounce").
* Kunjungan Pertama / First Session - Kunjungan dari pengunjung yang belum membuat kunjungan sebelumnya.
* Pengunjung / Unique Visitor / Unik Pengguna - Para klien diidentifikasi secara unik menghasilkan permintaan di web server (analisis log) atau melihat halaman (tag halaman) dalam jangka waktu yang ditetapkan (yaitu hari, minggu atau bulan). Pengunjung Unik dihitung kali dalam skala waktu. Seorang pengunjung dapat membuat beberapa kunjungan. Identifikasi dibuat ke komputer pengunjung, bukan orang, biasanya melalui cookie dan / atau IP + User Agent. Jadi orang yang sama berkunjung dari dua komputer yang berbeda akan dihitung sebagai dua Unique Visitors. Semakin pengunjung unik diidentifikasi oleh LSO Flash's (Long Storage Objects), yang kurang rentan terhadap penegakan privasi.
* Ulangi Pengunjung - Seorang pengunjung yang telah membuat setidaknya satu kunjungan sebelumnya. Periode antara kunjungan terakhir dan saat ini disebut pengunjung kemutakhiran dan diukur dalam hari.
* Pengunjung Baru - Seorang pengunjung yang belum membuat kunjungan sebelumnya. Definisi ini menciptakan sejumlah kebingungan , dan kadang-kadang diganti dengan analisis kunjungan pertama.
* Tayangan - Sebuah kesan setiap kali beban iklan pada layar pengguna. Setiap kali Anda melihat sebuah spanduk, yang merupakan kesan.
* Singletons - Jumlah kunjungan di mana hanya satu halaman yang dilihat. Meskipun tidak metrik yang berguna dalam dirinya sendiri dan jumlah lajang merupakan indikasi dari berbagai bentuk penipuan Klik juga digunakan untuk menghitung tingkat bouncing dan dalam beberapa kasus untuk mengidentifikasi automaton bot).
* Tingkat Bouncing - Persentase kunjungan di mana pengunjung masuk dan keluar pada halaman yang sama tanpa mengunjungi halaman lain di situs di antaranya.
*% Keluar - Persentase dari pengguna yang keluar dari halaman.
* Visibility waktu - The time satu halaman (atau sebuah blog, Iklan Banner ...) adalah dilihat.
* Sesi Durasi - Rata-rata jumlah waktu yang dihabiskan pengunjung di situs setiap kali mereka kunjungi. Metrik ini dapat menjadi rumit oleh fakta bahwa program analisis tidak dapat mengukur panjang akhir tampilan halaman [8].
* Page View Duration / Waktu pada Halaman - Rata-rata jumlah waktu yang dihabiskan pengunjung di setiap halaman situs. Seperti Sesi Durasi, metrik ini diperumit oleh kenyataan bahwa program analisis tidak dapat mengukur panjang tampilan halaman akhir kecuali mereka halaman dekat merekam peristiwa, seperti onUnload.
* Active Time / Engagement Sisa - Rata-rata jumlah waktu yang dihabiskan pengunjung benar-benar berinteraksi dengan konten pada halaman web, yang didasarkan pada gerakan mouse, klik, melayang-layang dan gulungan. Berbeda Sesi Durasi dan Page View Duration / Waktu pada Halaman, metrik ini dapat secara akurat mengukur panjang keterlibatan dalam tampilan halaman terakhir.
* Halaman Depth / Page Views per Session - Halaman Tingkatan adalah jumlah rata-rata tampilan halaman pengunjung mereka mengkonsumsi sebelum mengakhiri sesi. Hal ini dihitung dengan membagi jumlah total tampilan halaman dengan total jumlah sesi dan juga disebut Page Views per Sesi atau PV / Session.
* Frekuensi / Session per Unik - Frekuensi mengukur seberapa sering pengunjung datang ke sebuah website. Hal ini dihitung dengan membagi total jumlah sesi (atau dilihat) dengan total jumlah pengunjung unik. Kadang-kadang digunakan untuk mengukur kesetiaan audiens Anda.
* Klik path - urutan hyperlink satu atau lebih pengunjung situs berikut pada situs tertentu.
* Klik - "mengacu pada satu contoh dari pengguna mengikuti hyperlink dari satu halaman di situs ke situs lainnya". Sebuah komunitas yang sedang berkembang situs web editor menggunakan analisis klik untuk menganalisis situs web mereka.
* Tampilan Situs adalah suatu teknik di mana grafik statistik yang ditampilkan di samping setiap link pada halaman web. Statistik ini mewakili persentase klik pada setiap link. 

Sumber : http://permass.blogspot.sg/2010/01/web-analytics.html#.V0or0-a3600 

ANALISA WEB | Metode Hybrid

Beberapa perusahaan kini memproduksi program yang mengumpulkan data melalui kedua logfiles dan penandaan halaman. Dengan menggunakan metode hibrida, mereka bertujuan untuk menghasilkan statistik yang lebih akurat daripada metode sendiri. Solusi Hybrid pertama diproduksi pada tahun 1998 oleh Rufus Evison yang kemudian berputar produk untuk menciptakan sebuah perusahaan yang berbasis pada peningkatan akurasi metode hibrida


Pengunjung Geolocation

Dengan IP geolocation, adalah mungkin untuk melacak pengunjung lokasi. Menggunakan IP geolocation database atau API, pengunjung dapat geolocated ke kota, wilayah atau tingkat negara


Click analytics

Click analytics adalah tipe khusus analisis Web yang memberikan perhatian khusus untuk klik (Point-and-click). Menurut Google Analytics, " 'Klik' mengacu pada satu contoh dari pengguna mengikuti hyperlink dari satu halaman di situs ke situs lainnya". Definisi ini akurat terutama ketika berbicara tentang klik analisis.

Umumnya, klik pada berfokus pada analisis-analisis situs. Editor situs web menggunakan klik analisis untuk menentukan kinerja nya situs tertentu, berkaitan dengan di mana pengguna situs mengklik.

Juga, klik analisis mungkin terjadi real-time atau "tidak nyata"-waktu, tergantung pada jenis informasi yang dicari. Biasanya, halaman depan editor pada lalu lintas yang tinggi situs media berita akan ingin untuk memantau halaman mereka secara real-time, untuk mengoptimalkan konten. Editor, desainer atau jenis lain stakeholder dapat menganalisis klik pada kerangka waktu yang lebih luas untuk membantu mereka menilai kinerja dari penulis, elemen desain atau iklan dll

Data tentang klik dapat dikumpulkan dalam setidaknya dua cara. Idealnya, sebuah klik adalah "login" ketika itu terjadi, dan metode ini memerlukan beberapa fungsi yang mengambil informasi yang relevan ketika peristiwa terjadi. Atau, salah satu lembaga mungkin asumsi bahwa tampilan halaman adalah hasil dari sebuah klik, dan karenanya log simulasi klik yang mengarah ke halaman tampilan.


Sumber : http://permass.blogspot.sg/2010/01/web-analytics.html#.V0or0-a3600

ANALISA WEB | Keuntungan tag halaman

Keuntungan utama dari logfile tag halaman analisis adalah sebagai berikut.

* Menghitung diaktifkan dengan membuka halaman, tidak meminta dari server. Jika halaman di-cache, itu tidak akan dihitung oleh server. Cache halaman rekening bisa sampai sepertiga dari semua tampilan halaman. Tidak termasuk halaman cache situs serius skews banyak metrik. Itu untuk alasan ini berbasis server analisis log tidak dianggap cocok untuk analisis aktivitas manusia di website.
* Data dikumpulkan melalui sebuah komponen ( "tag") di halaman, biasanya ditulis dalam JavaScript, Jawa meskipun dapat digunakan, dan semakin Flash yang digunakan.
* Lebih mudah untuk menambahkan informasi tambahan untuk tag, yang kemudian dapat dikumpulkan oleh server jauh. Sebagai contoh, informasi tentang pengunjung ukuran layar, atau harga barang yang dibeli, dapat ditambahkan dengan cara ini. Dengan analisis logfile, informasi yang tidak biasanya dikumpulkan oleh server web hanya dapat direkam oleh memodifikasi URL.
* Halaman penandaan dapat melaporkan peristiwa yang tidak melibatkan permintaan ke web server, seperti interaksi dalam film Flash, bentuk penyelesaian parsial, tikus acara-acara seperti onClick, onMouseOver, onFocus, onBlur dll
* Halaman mengelola layanan penandaan proses untuk menempatkan cookie untuk pengunjung; dengan analisis logfile, server harus dikonfigurasi untuk melakukan hal ini.
* Halaman Penandaan tersedia bagi perusahaan-perusahaan yang tidak memiliki akses ke web server mereka sendiri. 


Faktor-faktor ekonomi

Analisis logfile hampir selalu dilakukan di rumah. Halaman penandaan dapat dilakukan di rumah, tetapi lebih sering disediakan sebagai layanan pihak ketiga. Perbedaan ekonomi antara dua model ini juga dapat menjadi pertimbangan bagi perusahaan yang memutuskan untuk membeli.

* Analisis logfile biasanya melibatkan satu kali pembelian perangkat lunak, namun, beberapa vendor memperkenalkan tahunan maksimum tampilan halaman dengan biaya tambahan untuk memproses informasi tambahan. Selain persembahan komersial, beberapa sumber-terbuka logfile alat analisis yang tersedia secara gratis.
* Untuk analisis logfile Anda harus menyimpan dan arsip data Anda sendiri, yang sering tumbuh cepat sangat besar. Meskipun biaya hardware untuk melakukan ini adalah minimal, yang overhead untuk departemen TI dapat dipertimbangkan. Misalnya, jika Anda kehabisan ruang disk database Anda dapat memulai menulis entri tua yang seringkali dapat diperbaiki.
* Untuk analisis logfile anda perlu memelihara perangkat lunak, termasuk pembaruan dan patch keamanan.
* Tag halaman Kompleks vendor mengenakan biaya bulanan yang didasarkan pada volume yaitu jumlah tampilan halaman per bulan dikumpulkan.

Solusi yang lebih murah untuk mengimplementasikan tergantung pada jumlah keahlian teknis di dalam perusahaan, para vendor yang dipilih, jumlah aktivitas dilihat pada situs web, kedalaman dan jenis informasi yang dicari, dan jumlah situs web yang berbeda membutuhkan statistik.

Terlepas dari solusi vendor atau metode pengumpulan data yang digunakan, biaya web analisis dan interpretasi pengunjung juga harus disertakan. Artinya, biaya mengubah data mentah menjadi informasi yang ditindaklanjuti. Ini dapat dari penggunaan konsultan pihak ketiga, yang mempekerjakan analis web yang berpengalaman, atau pelatihan yang sesuai di rumah orang. Sebuah analisis biaya-manfaat kemudian dapat dilakukan. Sebagai contoh, apa yang meningkatkan pendapatan atau penghematan biaya dapat diperoleh dengan menganalisis data pengunjung web?

Sumber : http://permass.blogspot.sg/2010/01/web-analytics.html#.V0or0-a3600

ANALISA WEB | Analisis logfile Tag Halaman

Kedua analisis logfile program dan solusi tag halaman sudah tersedia untuk perusahaan yang ingin melakukan analisis Web. Dalam beberapa kasus, perusahaan analisis web yang sama akan menawarkan kedua pendekatan tersebut. Pertanyaan yang kemudian muncul dari metode mana perusahaan harus memilih. Ada beberapa keuntungan dan kerugian untuk masing-masing pendekatan.


Keuntungan dari analisis logfile

Keuntungan utama dari analisis logfile tag halaman atas adalah sebagai berikut:

* Webserver biasanya sudah menghasilkan logfiles, sehingga data mentah sudah tersedia. Untuk mengumpulkan data melalui tag halaman membutuhkan perubahan ke situs web.
* Data tersebut di server perusahaan itu sendiri, dan berada dalam standar, bukan berpemilik, format. Hal ini membuat mudah bagi perusahaan untuk beralih program kemudian, menggunakan beberapa program yang berbeda, dan menganalisa data historis dengan program baru. Halaman solusi Penandaan melibatkan vendor lock-in.
* Logfiles berisi informasi tentang kunjungan dari search engine spider. Meskipun ini tidak boleh dilaporkan sebagai bagian dari aktivitas manusia, maka informasi yang berguna untuk optimasi mesin pencari.
* Logfiles tidak memerlukan tambahan DNS lookups. Jadi tidak ada panggilan server eksternal yang dapat memperlambat kecepatan buka halaman, atau hasil dalam tampilan halaman tak terhitung.
* Webserver terpercaya catatan setiap transaksi itu membuat. Tag halaman mungkin tidak dapat merekam semua transaksi. Alasan mencakup:
o Page penandaan bergantung pada pengunjung 'browser ko-operasi, yang proporsi tertentu tidak boleh dilakukan (misalnya, jika JavaScript dinonaktifkan, atau file host melarang kunjungan ke server tertentu).
o Tag dapat dihilangkan dari halaman-halaman baik dengan pengawasan atau antara buti tag halaman tambahan.
O mungkin tidak dapat memasukkan tag di semua halaman. Contohnya termasuk konten statis, seperti PDF atau aplikasi-halaman dinamis yang dihasilkan di mana re-engineering aplikasi untuk menyertakan tag bukanlah pilihan. 


Sumber : http://permass.blogspot.sg/2010/01/web-analytics.html#.V0or0-a3600

ANALISA WEB | Tag halaman

Keprihatinan mengenai akurasi dari analisis logfile di hadapan caching, dan keinginan untuk dapat melakukan analisis web sebagai sebuah layanan outsource, menyebabkan kedua metode pengumpulan data, halaman penandaan atau "web bug".

Pada pertengahan 1990-an, Web counters itu sering dilihat - ini adalah gambar dimasukkan ke dalam halaman web yang menunjukkan berapa kali gambar telah diminta, yang merupakan perkiraan jumlah kunjungan ke halaman tersebut. Pada akhir tahun 1990-an konsep ini berkembang untuk memasukkan gambar yang tidak terlihat kecil daripada yang terlihat, dan, dengan menggunakan JavaScript, menyampaikan permintaan gambar dengan informasi tertentu tentang halaman dan pengunjung. Informasi ini kemudian dapat diproses secara remote oleh perusahaan analisis web, dan statistik luas yang dihasilkan.

Layanan analisis web juga mengelola proses untuk menempatkan cookie kepada pengguna, yang dapat secara unik mengidentifikasi mereka selama kunjungan mereka dan pada kunjungan berikutnya. Tingkat penerimaan cookie bervariasi secara signifikan antara situs web dan dapat mempengaruhi kualitas data yang dikumpulkan dan dilaporkan.

Pengumpulan data menggunakan situs web pihak ketiga pengumpulan data server (atau bahkan sebuah rumah dalam pengumpulan data-server) memerlukan tambahan DNS melihat-up oleh pengguna komputer untuk menentukan alamat IP dari server koleksi. Pada kesempatan itu, penundaan dalam menyelesaikan sukses atau gagal DNS look-up dapat menyebabkan data tidak dikumpulkan.

Dengan meningkatnya popularitas solusi berbasis Ajax, alternatif penggunaan gambar yang tidak terlihat, adalah untuk melaksanakan panggilan kembali ke server dari halaman yang diberikan. Dalam kasus ini, saat halaman ditampilkan di web browser, sepotong kode Ajax akan menelepon kembali ke server dan menyampaikan informasi tentang klien yang dapat dikumpulkan oleh perusahaan analisis web. Ini adalah cacat dalam beberapa hal oleh browser pembatasan pada server yang dapat dihubungi dengan objek XMLHttpRequest.

Sumber : http://permass.blogspot.sg/2010/01/web-analytics.html#.V0or0-a3600 

ANALISA WEB | On-site web analytics teknologi

Banyak vendor yang berbeda memberikan on-site perangkat lunak analisis Web dan layanan. Ada dua pendekatan teknologi utama untuk mengumpulkan data. Metode pertama, analisis logfile, membaca logfiles di mana server web catatan semua transaksi. Metode kedua, tag halaman, menggunakan JavaScript pada setiap halaman untuk memberitahukan pihak ketiga server jika suatu halaman yang diberikan oleh browser web. Keduanya mengumpulkan data yang dapat diolah untuk menghasilkan laporan lalu lintas Web.

Selain itu sumber data lain juga dapat ditambahkan untuk menambah data. Misalnya e-mail tingkat respons, data kampanye surat langsung, penjualan dan memimpin informasi, kinerja pengguna data seperti panas klik pemetaan, atau metrik kustom lainnya yang diperlukan.
Web server logfile analisis

Web server mencatat beberapa transaksi mereka dalam sebuah logfile. Itu segera menyadari bahwa logfiles ini dapat dibaca oleh program untuk menyediakan data tentang popularitas website. Dengan demikian muncul perangkat lunak analisis web log.

Pada awal 1990-an, statistik situs web terdiri terutama dari menghitung jumlah permintaan klien (atau hits) dibuat ke web server. Ini adalah metode yang masuk akal pada awalnya, karena setiap situs web biasanya terdiri dari satu file HTML. Namun, dengan pengenalan gambar dalam HTML, dan situs web yang membentang beberapa file HTML, menghitung ini menjadi kurang bermanfaat. Komersial yang pertama Log Analyzer dirilis oleh IPRO pada tahun 1994.

Dua unit pengukuran diperkenalkan pada pertengahan tahun 1990-an untuk mengukur secara lebih akurat jumlah aktivitas manusia pada web server. Ini adalah tampilan halaman dan dilihat (atau sesi). Sebuah tampilan halaman didefinisikan sebagai permintaan yang dibuat ke web server untuk sebuah halaman, sebagai lawan dari grafis, sedangkan kunjungan didefinisikan sebagai urutan permintaan dari klien yang diidentifikasi secara unik kedaluwarsa setelah jumlah tertentu tidak aktif, biasanya 30 menit . Halaman pandangan dan kunjungan umumnya masih ditampilkan metrik, namun sekarang dianggap lebih canggih pengukuran.

Munculnya search engine spider dan robot pada akhir tahun 1990-an, bersama dengan web proxy dan alamat IP yang ditetapkan secara dinamis untuk perusahaan besar dan ISP, membuatnya lebih sulit untuk mengidentifikasi manusia unik pengunjung ke sebuah website. Log analyzer menanggapi dengan melacak kunjungan oleh cookie, dan dengan mengabaikan permintaan dari laba-laba dikenal.

Ekstensif menggunakan web cache juga disajikan masalah bagi analisis logfile. Jika seseorang mengunjungi kembali halaman, permintaan kedua biasanya akan diambil dari cache browser, jadi tak ada permintaan akan diterima oleh server web. Ini berarti bahwa orang jalan melalui situs tersebut hilang. Caching bisa dikalahkan dengan mengkonfigurasi server web, tetapi hal ini dapat mengakibatkan kinerja yang rusak pengunjung ke situs web.


Sumber : http://permass.blogspot.sg/2010/01/web-analytics.html#.V0or0-a3600

ANALISA WEB | Kategori Analisis Web: (on-site web analytics)


On-site web analytics mengukur perjalanan sekali pengunjung di website Anda. Ini termasuk yang driver dan konversi, misalnya halaman arahan yang mendorong orang untuk melakukan pembelian. On-site analisis Web mengukur kinerja situs dalam konteks komersial. Data ini biasanya dibandingkan terhadap indikator kinerja kunci kinerja, dan digunakan untuk meningkatkan situs web atau kampanye pemasaran respons penonton.

Sumber : http://permass.blogspot.sg/2010/01/web-analytics.html#.V0or0-a3600 

ANALISA WEB | Kategori Analisis Web: (Off-Site)

Off-site web analisis mengacu pada pengukuran dan analisis web tidak peduli apakah Anda sendiri atau mempertahankan sebuah website. Ini mencakup pengukuran potensi sebuah situs web penonton (kesempatan), berbagi suara (visibilitas), dan buzz (komentar) yang terjadi di Internet secara keseluruhan.

Sumber : http://permass.blogspot.sg/2010/01/web-analytics.html#.V0or0-a3600 

ANALISA WEB | Pengeritan Analisis Web

Web analytics adalah pengukuran, pengumpulan, analisis dan pelaporan data internet untuk tujuan pemahaman dan mengoptimalkan penggunaan web.

Web analytics bukan hanya sebuah alat untuk mengukur lalu lintas situs Web, namun dapat digunakan sebagai alat untuk penelitian bisnis dan riset pasar. Analisis Web aplikasi dapat juga membantu perusahaan mengukur hasil kampanye iklan cetak tradisional. Ini membantu orang untuk memperkirakan bagaimana lalu lintas ke situs web berubah setelah peluncuran kampanye iklan baru. Web analytics menyediakan data tentang jumlah pengunjung, tampilan halaman dll untuk mengukur popularitas situs yang akan membantu untuk melakukan riset pasar.


Sumber : http://permass.blogspot.sg/2010/01/web-analytics.html#.V0or0-a3600

STRUKTUR WEB | Struktur Blogosphere

Blog adalah sebuah laman web yang kemasukan-kemasukannya ditulis menurut urutan kronologi dan dipaparkan dengan tertib terbalik.

Blog memberikan ulasan atau berita mengenai sesuatu tajuk, umpamanya makanan, politik, atau berita tempatan, dengan sesetengah blog berperanan lebih sebagai buku harian peribadi dalam talian. Blog yang tipikal menggabungan teks, imej, dan pautan ke dalam blog, laman web, dan media lain yang berkaitan dengan topiknya. Keupayaan para pembaca untuk meninggalkan ulasan mereka dalam format interaktif merupakan ciri yang utama untuk banyak blog. Kebanyakan blog umumnya adalah blog teks, walaupun sesetengahnya bertumpu pada gambar foto (blog foto), video (vlog), musik (blog MP3), atau audio (podcasting), dan merupakan sebahagian rangkaian media sosial yang lebih luas.
Istilah “blog” merupakan kata lakur untuk perkataan “web” dan “log” (Web log). “Blog” juga boleh digunakan sebagai kata kerja yang membawa pengertian “untuk memeliharakan atau menambahkan isi kandungan ke dalam blog.”

Pada bulan Nov 2007, Technorati, enjin carian blog, sedang menjejaki melebihi 120 juta blog, meningkat dua kali ganda sejak awal Januari 2007.

Sumber : http://yusniwa.blogspot.com/2013/02/pengertian-situs-jejaring-sosial-yakni.html

STRUKTUR WEB | Struktur Situs Jejaring Sosial (Facebook)

Facebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.

Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.


Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.

Sumber : http://yusniwa.blogspot.com/2013/02/pengertian-situs-jejaring-sosial-yakni.html

STRUKTUR WEB | Situs Jejaring Sosial (Friendster)

Friendster, yang ide penamaannya berasal dari nama Napster, adalah sebuah situs web jaringan sosial di mana seorang pengguna akan membuat identitas maya dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan account di Friendster. Dalam Friendster, kita juga dapat melihat teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman kita, selain melihat teman kita sendiri.

Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams dan sekarang sudah melewati masa beta test. Sejak awal 2005, Friendster juga telah memulai fitur blog. Bahasanya juga sudah multi-language. Dan kini sudah ada versi untuk mobile-nya.

Sumber : http://yusniwa.blogspot.com/2013/02/pengertian-situs-jejaring-sosial-yakni.html

STRUKTUR WEB | Situs Situs Jejaring Sosial (My Space)

MySpace 

MySpace adalah situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. Markas situs ini terletak di Beverly Hills, California, Amerika Serikat. Tetapi pada tahun 2005, News Corp membeli MySpace dengan harga 580 juta dollar AS dan MySpace resmi berpindah tangan menjadi milik News Corporation.

Sumber : http://yusniwa.blogspot.com/2013/02/pengertian-situs-jejaring-sosial-yakni.html

STRUKTUR WEB | Social network sites


Pengertian situs jejaring sosial yakni suatu struktur sosial yang terbentuk dari simpul-simpul (individu atau organisasi) yang “diikat” atau dipersatukan oleh sebuah situs. Umumnya situs berfungsi sebagai jalinan pertemanan dalam dunia maya. Namun banyak hal lagi yang dapat kita lakukan disini (situs jejaring sosial).
Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.

Sumber : http://andrew-jonathan.blogspot.com/2013/07/web-content-struktur-web-analisis-web.html

STRUKTUR WEB | Small – World Network

Small World Network adalah sebuah tipe grafik matematikal yang dari banyaknya simpul , namun tidak berhubungan dengan simpul yang lainnya (berbeda) , tetapi banyak nya simpul bisa menjangkau setiap simpul kecil lainnya. Khususnya, small-world network didefinisikan sebagai jaringan di mana L jarak antara dua node yang dipilih secara acak (jumlah langkah yang diperlukan) tumbuh secara proporsional dengan logaritma dari jumlah node N dalam jaringan, yaitu:

Dalam konteks jaringan sosial, hasil dalam fenomena small world netwok untuk orang asing (orang tak dikenal) yang dihubungkan dengan cara berinteraksi. Banyak grafik empiris dengan baik dimodelkan oleh jaringan-dunia kecil. Jaringan sosial, konektivitas internet, wiki seperti Wikipedia, dan jaringan gen semua karakteristik small world network.

Sumber : http://andrew-jonathan.blogspot.com/2013/07/web-content-struktur-web-analisis-web.html

STRUKTUR WEB | Struktur Hierarki

Struktur Hierarki 

• Sangat banyak digunakan oleh sebagian besar situs web. Karena struktur ini bersifat fleksibel dan mudah untuk dikembangkan jika diperlukan.
• Menggunakan sub-sub direktori dan membentuk level-level ke bawah.
• File-file yang memiliki karakteristik fungsi yang sama akan disimpan dalam satu dierktori.
• Pada struktur ini gambar-gambar yang digunakan dalam setiap halaman web disimpan dalam sebuah drektori tertentu.

Jenis-jenis Struktur Hierarki :

1. Struktur hierarki lebar/ wide hierarki

• Merupakan struktur dasar dari bentuk hierarki dimana terdapat sebuah halaman depan yang menghubungkan halaman-halaman lain di dalam situs web.
• Penempatan halaman-halaman selain halaman depan diletakkan dalam satu level melebar.
• Struktur ini sering digunakan pada situs-situs w
eb yang sederhana dimana sebuah halaman index yang menghubungkan dengan halaman-halaman isi.

2. Struktur hierarki pendek/ narrow hierarki.

• Mirip dengan struktur hierarki lebar, perbedaannya adalah struktur ini menempatkan halaman-halaman isi menjadi lebih “dalam” atau lebih “masuk” ke dalam.
• Sebagian besar situs web yang ada saat ini menggunakan gabungan antara dua jenis struktur hierarki ini.
• Perlu diperhatikan bahwa struktur-struktur dasar ini tidak dapat diaplikasikan secara mentah-mentah karena penggunaan struktur ini sangat tergantung kepada pembagian kategori isi yang akan dijelaskan.

Sumber : http://andrew-jonathan.blogspot.com/2013/07/web-content-struktur-web-analisis-web.html

STRUKTUR WEB | Struktur Grid

Struktur Grid

• Merupakan perluasan dari struktur linear murni.
• Struktur ini juga mengandung struktur linear dengan halaman alternatif dan struktur linear dengan halaman tambahan.

Sumber : http://cybergunt.blogspot.com/2011/06/struktur-situs-web.html

STRUKTUR WEB | Struktur Linear

Struktur Linear :
·         Struktur linear murni
·         Struktur linear dengan halaman tambahan
·         Struktur linear dengan halaman pilihan
·         Struktur linear dengan halaman alternatif
Struktur Linear murni :
·         Digunakan untuk situs-situs web yang kecil, seperti personal page.
·         Biasanya hanya terdiri dari 4 – 10 halaman.
·         Cocok digunakan untuk menampilkan isi yang bersifat tutorial atau penjelasan mengenai suatu pokok bahasan.
·         Kelemahan struktur jenis ini adalah ketidaknyamanan pengunjung dalam menjelajasi isi situs web.
·         Pada situs web yang besar struktur ini masih digunakan, tetapi hanya sebatas untuk bagian-bagian penting seperti halaman-halaman registrasi.
Struktur linear tambahan :
·         Digunakan untuk menjelaskan sebuah isi sama seperti struktur linear murni
·         Uraian ini cocok untuk membuat sebuah penjelasan yang banyak mengandung uraian detail yang boleh untuk dilewatkan.
·         Kelemahan struktur ini sama dengan kelemahan struktur linear murni, yaitu pengunjung tidak dapat melompat kesuatu halaman tanpa melewati halaman berikutnya.
Struktur linear dengan halaman pilihan :
·         Pada struktur ini pengunjung diberi pilihan untuk melompat ke suatu halaman tertentu tanpa harus melewati halaman berikutnya.
·         Struktur ini banyak digunakan pada sebagian besar situs web yang ada.
·         Cocok digunakan untuk menamoilkan informasi yang bersifat ringan, seperti artikel, berita dan informasi lain yang tidak menuntut pengunjung agar menyimak penjelasan secara bertahap.
Struktur linear dengan halaman alternatif :
·         Pada dasarnya sama dengan struktur linear murni, bedanya pengunjug diberi alternatif “jalan” untuk pergi ke sebuah halaman.
·         Struktur ini hanya sedikit lebih baik dari struktur linear murni.
·         Struktur ini digunakan untuk isi situs yang bersifat menjelaskan halaman demi halaman, namun ada beberapa bagian yang memiliki tingkatan yang sama. Pada bagian inilah dapat dipisah menjadi halaman alternatif.



STRUKTUR WEB | Keuntungan Struktur Situs Web

Keuntungan struktur situs web yang dibuat dengan baik :

  • Dapat mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan kepada pengunjung situs.
  • Pengguna situs web dapat dengan mudah memahami situs web.
  • Mudah untuk dikembangkan pada waktu yang akan datang, termasuk mengupdate suatu halaman situs jika diperlukan.
  • Dapat menurunkan biaya cost pengunjung situs .

STRUKTUR WEB | Pengertian struktur web

Struktur Situs Web merupakan bagian yang sangat penting yang harus dikuasai oleh seorang web designer. Dalam suatu organisasi apapun, pasti memiliki struktur organisasi. Organisasi situs web mengatur bagaimana hubungan antar halaman web, sehingga membuat pengunjung situs menjadi nyaman.

 Sumber: http://cybergunt.blogspot.com/2011/06/struktur-situs-web.html