Teknik Informatika

Senin, 13 Juni 2016

Dampak Penjualan Secara Online | Dampak Positif Dari Perdagangan Online

Dampak Positif Dari Perdagangan Online


Dampak positif adanya online shop : 
         
1.  Belanja lebih praktis

2.  Bisa membandingkan harga dengan murah dari satu online shop ke online shop lain, tidak perlu          jalan ke satu toko ke toko lain dan melihat banyak barang selain barang yang kita tuju.

3.  Cakupan belanja lebih luas, bahkan kita bisa membeli barang dari luar kota atau luar negeri

4. Harga barang-barang yang dijual di Online Shop biasanya lebih murah dibandingkan dengan barang-barang yang dijual di toko-toko. Hal ini dikarenakan toko online tidak membutuhkan biaya sewa toko.

Sumber : 
http://rachmawatinadya.blogspot.co.id/2013/03/dampak-positif-dan-negatif-dari-membeli.html

Dampak Penjualan Secara Online | Dampak Negatif Dari Perdagangan Online

       Dampak Positif Dari Perdagangan Online


Selain dampak positif, ternyata Online Shop juga memiliki dampak negatif di antaranya adalah :

1.      Dapat mudah terjadi kesalahan pengiriman barang yang dapat memperlama    dalam memperoleh barang tersebut yang bisa disebabkan dari kualitas barang yang diinginkan kadang-kadang berbeda kualitasnya dengan yang tercantum di website. Sehingga pihak toko akan melakukan pengiriman ulang.
2.      Rentan aksi penipuan dimana banyak kasus ketika pembeli telah mengirim sejumlah uang yang disepakati, barang yang dibeli tidak dikirim.
3.      Rentan rusak atau pecah karena media pengiriman adalah pos        
4.      Rentan aksi pemboboloan rekening karena pembayaran dilakukan melalui Internet
5.      Marak aksi spamming karena setelah pembeli melakukan registrasi, penjual cenderung selalu mengirimkan katalog online melalui email pembeli dan hal ini cukup mengganggu privacy
6.      Bahaya konsumerisme dan pemborosan. Biasakan hanya membeli barang yang dibutuhkan, sehingga tidak terlalu boros.
7.      Beberapa online shop menaikkan harga, karena itu sebagai pembeli sebaiknya survey dulu harga di beberapa online shop lainnya.
8.      Dapat membuat kita malas bergerak ke toko. Kadang-kadang belanja ke toko (offline) juga penting, jangan terpaku pada belanja online saja. Ada beberapa barang yang lebih baik dibeli di toko biasa, seperti sepatu dan beberapa jenis pakaian.

9.      Menyebabkan konsumen berpikir praktis

Sumber :
http://rachmawatinadya.blogspot.co.id/2013/03/dampak-positif-dan-negatif-dari-membeli.html

Dampak Periklanan | Tipe Periklanan Seluler

Tipe Periklanan Seluler




Periklanan seluler memiliki beberapa bentuk, di antaranya:

SMS

Periklanan seluler jenis ini memang sangat mudah dilakukan, tetapi orang-orang mulai mengabaikan SMS ads apabila terjadinya spamming. SMS ini bisa sangat efektif dan efisien penggunaannya apabila dikirim ke orang yang tepat. Dengan memperhatikan pola spasial dan orang yang dikirimi ads jenis ini memang merupakan pelanggan dari layanan periklanan seluler, maka hasil yang besar bisa dicapai. Kurang interaktif merupakan ciri dari iklan dalam bentuk SMS ini, karena hanya berisi tulisan-tulisan. Sekarang ini banyak para pengiklan menggunakan software pengirim SMS massal untuk penghematan biaya sekaligus memperbanyak kuantitas.

MMS

Iklan inimenggunakan layanan MMS memiliki tampilan yang lebih atraktif, bisa menggunakan gambar, gambar bergerak, maupun video sehingga orang lebih tertarik untuk melihatnya.

Iklan baris

Saat membuka situs internet via telepon seluler, iklan baris sering muncul di atas atau di bawah layar telepon seluler. Iklan tersebut memiliki pranala yang mengarahkan ke situs web pengiklan.

Iklan video seluler

menggunakan situs berbagi video yang dapat diakses dari telepon seluler seperti YouTube pada telepon seluler, semakin tinggi peringkat video, maka harga yang dipatok semakin mahal, hal ini dapat dilihat dari banyaknya orang yang telah menonton video tersebut. Bentuk lain dari iklan video adalah mengunggah iklan langsung ke media berbagi video.

Iklan permainan seluler

Permainan dalam telepon seluler merupakan elemen hiburan yang tidak terpisahkan dari sebuah telepon seluler. Orang-orang yang memiliki banyak kesibukan pasti menginginkan sebuah hiburan kecil untuk menyegarkan pikirannya. Mobile games ads bekerjasama dengan pengiklan, pengiklan memberikan modal dengankontraprestasi tertentu, misalnya logo perusahaannya dimasukan ke dalam games. Bisa juga dibuat trial games terlebih dahulu, setelah mendapat respon yang bagus dan banyak orang yang mengunduh permainan tersebut baru dibuatkan versi berbayarnya yang menawarkan keseruan lebih dari versi trial-nya.

Iklan sebelum pesan suara

Penyedia layanan iklan memanfaatkan layanan pesan suara menjadi media beriklan. Lagu singkat yang berisi iklan dimainkan saat layanan pesan suara digunakan beberapa detik sebelum pengguna dapat merekam pesan.

Situs web seluler

Periklanan seluler jenis lainnya adalah situs web seluler, di mana situs web secara umum diakses melalui perangkat desktop yang memiliki layar monitor besar sehingga sulit diakses melalui perangkat mobile atau smartphone, di sinilah fungsi dari situs web seluler yang dapat menampilkan informasi penting dari suatu situs web pada perangkat telepon seluleryang memiliki ukuran layar monitor kecil. Situs web seluler merupakan salah satu tipe periklanan seluler yang berkembang dewasa ini seiring dengan makin bertambahnya pengguna internet seluler di Indonesia.
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Periklanan_seluler

Dampak Periklanan | Menetapkan Media Periklanan

Menetapkan Media Periklanan



  1. Menetapkan Media
    Ada lima langkah yang dilakukan dalam memilih media, yaitu : menetapkan jangkauan, frekuensi dan pengaruh; memilih diantara tipe-tipe media utama; memilih wahana media yang spesifik; menetapkan waktu beriklan dalam media dan menetapkan alokasi media berdasarkan geografi.
    1. Menetapkan Jangkauan (Reach), Frekuensi (Frequency) dan Pengaruh (Impact)
      Jangkauan adalah banyaknya orang atau rumah tangga yang berbeda yang diekspos melalui jadwal media tertentu paling sedikit sekali dalam satu periode waktu tertentu. Frekuensi adalah berapa kali dalam satu periode waktu tertentu orang atau rumah tangga rata-rata menerima pesan dalam iklan. Pengaruh adalah nilai kualitatif dari satu ekspos iklan melalui satu media yang telah ditetapkan.
      Ada trade-off antara jangkauan, frekuensi dan pengaruh. Jika pengiklan ingin meningkatkan frekuensi maka jangkauan otomatis berkurang, dan jika pengiklan ingin meningkatkan pengaruh (artinya menggunakan wahana media yang lebih bergengsi dimana lebih mahal biayanya) maka jangkauan akan berkurang (jangkauan bisa tetap kalau frekuensi dikurangi).
      Dalam anggaran yang sudah ditetapkan, pengiklan harus menetapkan kombinasi jangkauan, frekuensi dan pengaruh yang paling efektif. Jangkauan lebih dipentingkan jika meluncurkan produk baru. brand yang terkenal atau brand yang tidak sering dibeli. Frekuensi lebih penting kalau ada pesaing yang kuat, rumitnya cerita iklan, kekakuan konsumen atau siklus pembelian yang sering. Krugman menyatakan bahwa tiga kali eksposure dari iklan sudah cukup:
      • Eksposure pertama adalah untuk memberitahu pemirsa ada produk baru yang diluncurkan.
      • Eksposure kedua untuk memberitahu audience apa pesan yang terlewat pada eksposure yang pertama dan lebih mendorong konsumen untuk mengetahui segala sesuatu tentang produk tersebut.
      • Eksposure ketiga untuk meyakinkan audience bahwa keputusannya tepat kalau membeli produk itu.
    2. Memilih diantara Tipe-tipe Media Utama
      Ada enam media utama dalam beriklan:
      1. Surat Kabar
      2. Televisi
      3. DirectMail
      4. Radio
      5. Majalah
      6. Luar ruang
      Dalam memilih media yang disebutkan diatas, pengiklan harus mempertimbangkan beberapa variabel dibawah ini, berurut menurut tingkat kepentingannya:
      • Kebiasaan sasaran audience dari media yang dipilih.
      • Disesuaikan dengan jenis produk.
      • Disesuaikan dengan pesan yang ingin disampaikan.
      • Disesuaikan dengan anggaran (mempertimbangkan biaya dari masing-masing media).
      • Pengiklan harus dapat memutuskan anggaran ke kombinasi media-media yang dipilih. Misalnya anggaran iklan adalah 6 juta dolar, 3 juta dialokasikan untuk televisi, 2 juta untuk majalah wanita dan 1 juta untuk surat kabar.
Sumber : http://www.angelfire.com/id/akademika/rkuliah3.html

Kamis, 02 Juni 2016

ANALISA WEB | Tools aDesigner

#aDesigner

aDesigner adalah simulator yang membantu desainer untuk memastikan konten dan aplikasinya diakses. aDesigner juga membantu user untuk cek aksesbility dokumen ODF dan Flash.

ANALISA WEB | Tools AccessColor

#AccessColor

Tes AccessColor kontras warna dan “color brightness” antara bagian depan dan belakang dari semua element DOM. AccessColor akan menemukan kombinasi warna yang relevan dengan dokumen HTML dan CSS.

ANALISA WEB | Tools WAVE

#WAVE

WAVE merupakan tool interaktif yang menunjukkan tingkat kunjungan dari website dengan 3 cara yang berbeda: “Errors, Features, and Alerts”, “Structure/Order”, dan Text-Only”.

ANALISA WEB | Tools LinkPatch

#LinkPatch

“Broken link”  membuat halaman webstie.blog dan yang lain menjadi tidak dapat diakses, hal ini adalah yang terpenting selain faktor SEO, tapi dengan tool seperti LinkPatch, untuk cek “broken link” dari semua URL yang anda inginkan. Dengan LinkPatch, anda dapat install kode tracking  dalam hitungan detik dengan fitur monitoring.

ANALISA WEB | Tools Test and Improve Readability

#Test and Improve Readability

Tool Online gratis dengan fitur untuk testing dan meningkatkan konten website anda.

ANALISA WEB | Tools Firefox Accessibility Extension

#Firefox Accessibility Extension

Jika anda termasuk pengguna web browser Firefox, maka Add-ons Friefox ini sangat penting karena dengan Add-ons ini, anda dapat aktifkan setiap element desain dari halaman website. Anda dapat dengan cepat buat daftar gambar dan element yang lain. Add-ons ini juga disertakan dengan standar validasi “W3C HTML Validator” .

ANALISA WEB | Tools Juicy Studios Image Analyzer

#Juicy Studios Image Analyzer

Dengan tool online ini, kita dapat menganalisa masalah setiap gambar yang ada pada halaman website. Tool ini juga, dapat menginformasikan detail informasi width, height, alt, dan longdesc, makanya tool website - Image Analyzer merupakan salah satu tool analisa website terbaik.

ANALISA WEB | Tools Color Blindness Simulator

#Color Blindness Simulator

Colour Blindness Simulator, dapat membantu anda untuk memeriksa bagaimana aspek gambar dan pewarnaan (color) dari website/blog. Anda juga dapat dengan cepat upload file gambar (JPEG) dengan resolusi 1000x1000px  dan analisa aspek pewarnaan halaman website anda.

STRUKTUR WEB | Linear dengan halaman alternatif

Struktur linear dengan halaman alternatif :
• Pada dasarnya sama dengan struktur linear murni, bedanya pengunjug diberi alternatif “jalan” untuk pergi ke sebuah halaman.
• Struktur ini hanya sedikit lebih baik dari struktur linear murni.
• Struktur ini digunakan untuk isi situs yang bersifat menjelaskan halaman demi halaman, namun ada beberapa bagian yang memiliki tingkatan yang sama. Pada bagian inilah dapat dipisah menjadi halaman alternatif.

STRUKTUR WEB | Linear dengan halaman pilihan

Struktur linear dengan halaman pilihan :
• Pada struktur ini pengunjung diberi pilihan untuk melompat ke suatu halaman tertentu tanpa harus melewati halaman berikutnya.
• Struktur ini banyak digunakan pada sebagian besar situs web yang ada.
• Cocok digunakan untuk menamoilkan informasi yang bersifat ringan, seperti artikel, berita dan informasi lain yang tidak menuntut pengunjung agar menyimak penjelasan secara bertahap.

STRUKTUR WEB | Linear tambahan

Struktur linear tambahan :
• Digunakan untuk menjelaskan sebuah isi sama seperti struktur linear murni
• Uraian ini cocok untuk membuat sebuah penjelasan yang banyak mengandung uraian detail yang boleh untuk dilewatkan.
• Kelemahan struktur ini sama dengan kelemahan struktur linear murni, yaitu pengunjung tidak dapat melompat kesuatu halaman tanpa melewati halaman berikutnya.

STRUKTUR WEB | Linear Murni

Struktur Linear murni :
• Digunakan untuk situs-situs web yang kecil, seperti personal page.
• Biasanya hanya terdiri dari 4 – 10 halaman.
• Cocok digunakan untuk menampilkan isi yang bersifat tutorial atau penjelasan mengenai suatu pokok bahasan.
• Kelemahan struktur jenis ini adalah ketidaknyamanan pengunjung dalam menjelajasi isi situs web.
• Pada situs web yang besar struktur ini masih digunakan, tetapi hanya sebatas untuk bagian-bagian penting seperti halaman-halaman registrasi.